• May 28, 2024

Bolehkah Bayi Di Bawah 1 Tahun Makan Nasi? Ini Jawabannya!

 Bolehkah Bayi Di Bawah 1 Tahun Makan Nasi? Ini Jawabannya!

Bolehkah Bayi Di Bawah 1 Tahun Makan Nasi? Ini Jawabannya!

Pemberian makanan padat sesuai usia bayi merupakan faktor yang krusial dalam tumbuh kembang anak agar ‘si Kecil’ dapat bertumbuh dan berkembang dengan baik. Karena itu, banyak orang tua mungkin mempertanyakan kapan waktu terbaik untuk bayi mulai makan nasi. 

Untuk membantu menjawabkan pertanyaan Mom & Dad, simak informasi lengkapnya di artikel ini!

Kapan Bayi Siap Makan Nasi

Bayi biasanya siap makan MPASi pada usia 6 bulan. Sekitar usia ini, sistem pencernaan bayi telah berkembang dengan cukup baik untuk dapat mencerna makanan padat. Karena itu, bayi sudah mulai dapat diberi nasi mulai usia 6 bulan. Namun, penting untuk diingat bahwa sistem pencernaan anak masih belum sempurna pada usia ini, jadi parents butuh memberikan anak nasi dalam bentuk bubur agar mudah untuk dikunyah dan dicerna.

Anak baru dapat diberi makan nasi lembek ketika menginjak usia 9 bulan. Pada usia ini, anak akan sudah terbiasa dengan makanan padat, sehingga tekstur makanan bisa ditingkatkan. Namun, beberapa ahli masih menyarankan orang tua untuk tidak memberi nasi pada bayi di bawah 1 tahun. Lebih baik untuk tunggu hingga anak menginjak usia 12 bulan untuk mulai memberinya nasi.

Bayi Di Bawah 1 Tahun Makan Nasi

Baca Juga: 4 Ide Resep MPASI 12 Bulan Yang Lezat Dan Sederhana!

Bahayanya Memberi Anak Makan Nasi Sebelum Siap

Memberikan nasi pada bayi sebelum mereka siap dapat menyebabkan risiko bayi tersedak atau mengalami gangguan pencernaan. Di bawah usia 9 bulan, bayi belum mengembangkan kemampuan menelan makanan padat dengan baik, sehingga tidak dapat mengatasi tekstur nasi. Selain itu, bayi memiliki sistem pencernaan yang masih sangat rentan dan sensitif. Memaksa anak untuk memakan nasi sebelum tubuhnya siap akan menyebabkan beberapa masalah seperti konstipasi dan masalah pencernaan lainnya.

Perhatikan Ini Saat Memberi Nasi untuk Bayi di Bawah 1 Tahun

Jika orang tua ingin memberi bayi di bawah 1 tahun makan nasi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan mereka:

  • Tekstur: Pastikan nasi yang diberikan pada bayi berada dalam bentuk yang lunak dan mudah dikunyah. Untuk bayi yang masih berusia di bawah 9 bulan, kami sarankan parents untuk haluskan nasi sehingga menjadi tekstur bubur.
  • Porsi: Lebih baik untuk mulai dengan memberikan anak nasi sedikit dan secara perlahan-lahan sebelum meningkatkan porsinya seiring waktu. Jangan memaksakan bayi untuk mengonsumi nasi lebih dari yang mereka mampu.
  • Pengawasan: Selalu awasi bayi saat mereka makan nasi. Jangan biarkan bayi makan sendirian tanpa pengawasan orang dewasa, karena anak dapat berisiko tersedak saat makan nasi. 

Demikian, itulah informasi seputar kapan bayi siap makan nasi. Jika Mom & Dad memiliki pertanyaan atau kekhawatiran mengenai pemberian makanan kepada bayi di bawah 1 tahun, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri