• May 27, 2024

Bolehkah Membiarkan Bayi Menangis Hingga Tertidur?

 Bolehkah Membiarkan Bayi Menangis Hingga Tertidur?

Bolehkah Membiarkan Bayi Menangis Hingga Tertidur?

Menangis merupakan cara bayi berkomunikasi dengan orang tua untuk menandakan ia merasa lapar, kesepian, lelah, atau sebagainya. Karena itu, banyak parents akan berusaha untuk segera menenangkan ‘si Kecil’ yang menangis. Namun, bagaimana jika anak menangis-nangis tanpa henti dan tanpa adanya alasan? Bolehkah parents membiarkan bayi menangis hingga tertidur sendiri?

Yuk, parents! Simak jawabannya di artikel ini!

Apakah Boleh Membiarkan Bayi Menangis?

Pertama, parents butuh pastikan bahwa bayi tidak menangis karena membutuhkan sesuatu seperti merasa lapar atau merasa ketidaknyamanan akibat popok kotor. Jika tidak ada alasan untuk bayi menangis, beberapa ahli merekomendasikan parents untuk membiarkan bayi menangis sendiri untuk waktu sebentar. Membiarkan anak untuk menangis sehingga tertidur merupakan salah satu metode sleep training yang disebut ‘cry it out‘ atau CIO method

Namun, penting untuk diketahui bahwa metode sleep training ini hanya disarankan untuk dilakukan saat bayi berusia 4 hingga 6 bulan. Jika bayi berusia 0 hingga 3 bulan, lebih baik parents berusaha untuk menenangkan anak sebisa mungkin. 

Berapa Lama Boleh Membiarkan Bayi Menangis?

Bagi anak berusia 4 hingga 6 bulan, parents disarankan untuk coba meninggalkan bayi menangis sendirian untuk waktu sebentar. Lalu biarkan anak menangis sedikit lebih lama secara perlahan. Contohnya, parents bisa biarkan anak menangis untuk 3-4 menit, lalu, di malam berikutnya coba untuk biarkan anak menangis sendiri selama 6-7 menit. Ini akan memberikan ‘si Kecil’ cukup waktu untuk coba menenangkan diri secara sendiri.

Membiarkan Bayi Menangis

Baca Juga: Waspada! Ini Alasan Bayi Tidak Boleh Tidur Tengkurap!

Dampak Negatif

Namun, penting untuk parents ingat bahwa membiarkan bayi menangis sendiri untuk terlalu lama juga dapat memiliki dampak negatif pada anak. Membiarkan anak menangis untuk terlalu lama dapat mengakibatkan tingkat stres anak menaik, hingga menyebabkan beberapa gangguan pada perkembangan otak ‘si Kecil’. Karena itu, kami sarankan parents untuk coba menenangkan anak jika ia masih belum tidur setelah dibiarkan menangis sendiri untuk waktu yang lama.

Penting untuk diingat bahwa setiap bayi memiliki kebutuhan yang berbeda. Beberapa anak mungkin cenderung lebih membutuhkan orangtuanya ketika menangis agar dapat tidur. Karena itu, penting untuk parents cari metode yang sesuai dengan kebutuhan anak.

Demikian, itulah informasi seputar membiarkan bayi menangis hingga tertidur. Semoga membantu, Moms & Dads!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri