• May 28, 2024

Cara Menidurkan Bayi Dengan Cepat Dengan Metode 5S!

 Cara Menidurkan Bayi Dengan Cepat Dengan Metode 5S!

Cara Menidurkan Bayi Dengan Cepat Dengan Metode 5S!

Bayi yang sering menangis, rewel, dan susah tidur merupakan masalah yang dialami oleh banyak orang tua di seluruh Indonesia. Tentunya hal ini bisa membuat Moms & Dads merasa frustrasi dan lelah, terutama jika tidak tahu cara untuk menenangkan dan menidurkan anak. 

Namun, parents tidak perlu khawatir! Seorang dokter dari Amerika Serikat bernama Dr Harvey Karp telah mengembangkan metode khusus yang dapat menenangkan dan menidurkan bayi dengan cepat.Dinamakan sebagai metode “Five S” atau “5S”, Dr Karp menjelaskan bahwa metode ini bisa diterapkan hingga bayi usia 4 bulan.

Swaddle

“S” pertama dalam metode ini adalah Swaddling, atau bedong. Membedong bayi dinyatakan dapat meredakan tangisan bayi dan membantu mereka merasa hangat dan aman, serasa seperti masih dalam rahim ibu. Membedong bayi dengan tepat juga dapat membantu mengurangi gerakan tangan atau tubuh anak supaya mereka lebih nyaman. Pastikan parents pilih bahan yang tidak terlalu tebal agar bayi tidak merasa kepanasan saat dibedong.

Side or Stomach Position

Setelah bayi dibedong, Moms & Dads dapat menggendong anak dalam posisi miring atau tengkurap. Namun, penting sekali untuk parents pastikan hanya melakukan ini saat menenangkan atau mulai menidurkan anak. Jika anak sudah sukses tertidur, pastikan untuk meletakkan anak di kasurnya dalam posisi yang terlentang ya, parents! Ini karena membiarkan anak tidur dalam posisi tengkurap atau miring malah dapat meningkatkan risiko SIDS (sudden infant death syndrome).

Shush

Cara berikut untuk menidurkan bayi dengan cepat dalam metode ini adalah dengan suara shushing, atau “ssshhhhh” untuk menenangkan bayi. Penting untuk parents ingat bahwa sebelum bayi lahir, ketika ia berada di dalam rahim Moms, ia sering mendengar berbagai suara. Karena itu, bayi akan merasa lebih tenang dan nyaman jika mendengar suara ‘white noise’ seperti ‘ssshhhh‘ daripada keheningan.

Menidurkan Bayi Dengan Cepat

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini 5 Tips Tummy Time Untuk Bayi!

Swing

“Swinging” atau menggendong dan mengayun bayi secara lembut dapat membantu menenangkan bayi dan membuat mereka nyaman, sehingga mempermudah mereka untuk tertidur. Namun, penting untuk parents ingat untuk hindari mengayunkan atau menggoyangkan bayi secara terlalu keras atau cepat. Dr Harvey Karp menyarankan parents untuk mengayun anak ke arah kiri dan kanan untuk menidurkan bayi secara paling efektif.

Suck

Mengisap merupakan hal yang sangat membantu bayi merasa nyaman dan tenang. Karena itu, Dr Harvey Karp menyarankan parents untuk memberikan bayi empeng, menawarkan bayi untuk menyusu, atau membiarkan mereka mengisap jari Moms & Dads untuk menghentikan tangisannya dan membantu mereka tertidur. 

Itulah metode 5S Dr Harvey Karp. Dengan melakukan setiap elemen tersebut, Moms & Dads dapat membantu anak merasa nyaman dan tenang, sehingga dapat menidurkan bayi dengan cepat. Semoga membantu, parents!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri