• May 29, 2024

Hindari 5 Makanan Ini Untuk MPASI Pertama Bayi!

 Hindari 5 Makanan Ini Untuk MPASI Pertama Bayi!

Hindari 5 Makanan Ini Untuk MPASI Pertama Bayi!

Mulai usia 6 bulan, memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) kepada anak merupakan langkah penting dalam pertumbuhan dan perkembangan mereka. Namun, penting untuk diingat bahwa tubuh bayi masih sangat sensitif dan rentan terhadap berbagai bakteri dan infeksi. Karena ini, ada beberapa makanan yang perlu parents hindari memberi pada bayi untuk MPASI pertamanya. Yuk, Moms & Dads! Kenali 5 makanan tersebut di artikel ini!

Madu

Salah satu makanan yang perlu parents hindari memberi pada bayi untuk MPASI adalah madu. Meskipun memiliki banyak manfaat kesehatan, madu dapat mengandung spora bakteri Clostridium botulinum yang sangat berbahaya jika terpapar pada tubuh bayi. Anak di bawah 1 tahun memiliki sistem pencernaan yang masih lemah dan belum cukup kuat untuk melawan bakteri ini, sehingga mengonsumsi madu dapat meningkatkan risiko terkena penyakit yang serius. Karena itu, kami sarankan parents untuk tunggu hingga anak berusia lebih dari 1 tahun sebelum mulai berinya madu.

Susu Sapi

Kami juga sarankan parents untuk tidak memberi bayi di bawah usia 1 tahun susu sapi. Ini karena susu sapi mengandung protein dan lemak yang sulit dicerna oleh sistem pencernaan bayi. Lebih baik untuk beri bayi ASI atau susu formula khusus untuk bayi. Jika Moms & Dads menemukkan resep MPASI yang mengandung susu sapi, kami sarankan untuk hindari memberinya pada anak dibawah 1 tahun, ya!

Hindari Makanan Untuk MPASI

Baca Juga: 4 Makanan Terbaik Untuk MPASI Pertama Bayi!

Garam dan Gula

Pemberian garam dan gula tambahan pada makanan bayi sebaiknya dihindari, terutama bagi bayi di bawah 1 tahun. Bayi tidak memerlukan tambahan garam atau gula dalam diet mereka. Konsumsi garam berlebihan dapat memengaruhi keseimbangan elektrolit dalam tubuh bayi, sedangkan gula tambahan dapat menyebabkan kebiasaan makan manis yang berlebihan dan meningkatkan risiko obesitas dan masalah kesehatan lain.

Putih Telur

Meskipun telur merupakan sumber protein yang baik, kami sarankan Mom & Dad untuk hanya memberikan kuning telur pada bayi di bawah usia 1 tahun. Ini karena putih telur mempunyai risiko lebih besar untuk menyebabkan reaksi alergi pada bayi, karena protein yang sulit dicerna dan potensial menyebabkan masalah pencernaan. Selain itu, pastikan telur yang diberi pada ‘si Kecil’ sudah matang sepenuhnya.

Jeruk

Buah-buahan sangat sehat untuk diberi pada anak muda, namun kami tidak sarankan parents untuk berikan buah jeruk pada bayi di bawah 1 tahun. Jeruk mengandung asam sitrat yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan iritasi pada saluran pencernaan bayi yang masih sensitif. Karena itu, kami sarankan Mom & Dad untuk menunggu sampai bayi lebih besar dan sistem pencernaannya lebih matang sebelum memperkenalkan jeruk ke dalam diet anak.

Demikian, itulah 5 makanan yang parents perlu hindari memberi untuk MPASi pertama bayi. Dengan memperhatikan makanan yang perlu dihindari, Mom & Dad dapat memastikan bahwa ‘si Kecil’ dapat mencukupi kebutuhan nutrisinya dengan aman.

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri