• May 28, 2024

Hindari Hal Ini Saat Mengajarkan Bayi Duduk Sendiri!

 Hindari Hal Ini Saat Mengajarkan Bayi Duduk Sendiri!

Hindari Hal Ini Saat Mengajarkan Bayi Duduk Sendiri!

Kemampuan untuk duduk secara sendiri merupakan salah satu tahapan penting dalam proses tumbuh kembang bayi. Karena itu, banyak parents mungkin merasa gembira dan tidak sabar untuk mengajar anak mereka untuk duduk. 

Namun, penting untuk parents ketahui bahwa melatih bayi untuk duduk secara salah dapat memiliki dampak negatif terhadap tumbuh kembang ‘si Kecil’. Karena itu, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Moms & Dads hindari saat mengajarkan bayi duduk sendiri. 

Mendudukkan Anak Sebelum Ia Siap

Hal pertama yang perlu parents hindari saat mengajarkan bayi duduk adalah memaksanya untuk belajar duduk sebelum ia siap secara fisik. Pada umumnya, anak akan baru mulai menunjukkan minat untuk duduk dengan sendirinya sekitar usia 6 hingga 9 bulan. Sebelum usia ini, tubuh ‘si Kecil’ masih jauh terlalu rentan dan lemah untuk dapat menopang berat tubuhnya sendiri. Memaksa anak untuk belajar duduk sebelum tubuhnya siap malah dapat menimbulkan berbagai masalah pada fisik dan tubuh ‘si Kecil’.

Membiarkan Si Kecil Duduk Terlalu Lama

Meskipun bayi sudah menunjukkan minat dan kemampuan untuk duduk secara sendiri, parents butuh hindari membiarkan anak dalam posisi duduknya untuk waktu yang terlalu lama. Membiarkan ‘si Kecil’ duduk terlalu lama dapat berpengaruh pada fisiknya dan menyebabkan anak merasa tidak nyaman, sehingga ia rewel. Karena itu, lebih baik untuk parents tidak membiarkan anak dalam posisi duduk untuk terlalu lama ketika ia baru mulai belajar.

Hindari Mengajarkan Bayi Duduk

Baca Juga: Kapan Bayi Bisa Duduk Sendiri? Ini Jawabannya!

Tidak Memberi Si Kecil Penopang

Ketika anak baru mulai belajar duduk, mereka masih membutuhkan penopang untuk membantu menjaga keseimbangan dan menopang berat tubuhnya. Pastikan untuk selalu letakkan penopang seperti bantal lembut di sekeliling tubuh ‘si Kecil’ agar ia tidak cedera atau terluka ketika jatuh dari posisi duduk. Ini akan membantu bayi merasa lebih aman dan percaya diri saat belajar duduk.

Demikian, itulah 3 hal yang perlu parents hindari saat mengajarkan bayi duduk sendiri! Semoga membantu, Moms & Dads!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri