• May 28, 2024

Ingin Bayi Mama Tidur Pulas? Inilah Cara Sleep Training Bayi!

 Ingin Bayi Mama Tidur Pulas? Inilah Cara Sleep Training Bayi!

Ingin Bayi Mama Tidur Pulas? Inilah Cara Sleep Training Bayi!

Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi banyak orangtua adalah mengajari bayi untuk tidur dengan nyenyak tanpa harus digendong atau menyusu. Karena itu, sangat penting bagi orangtua untuk mengetahui cara sleep training bayi supaya bayi bisa memenuhi kebutuhan istirahatnya.

Apa itu Sleep Training Bayi?

Sleep Training, atau pelatihan tidur, adalah proses mengajari bayi untuk dapat tidur dengan mandiri dan nyenyak sepanjang malam. Selain membantu bayi tertidur dengan mandiri, sleep training juga dapat membantu bayi yang telah terbangun di malam hari untuk kembali tidur tanpa rewel atau bantuan orangtua.

Menurut para ahli, orangtua direkomendasikan untuk memulai Sleep Training saat bayi berusia 4 hingga 6 bulan. Ini karena pada usia ini, bayi dapat bertahan secara fisik selama 8 jam tanpa butuh menyusu.

Cara Sleep Training Bayi 2

Menerapkan Sleep Training memang bukan proses yang mudah. Namun, jangan khawatir, berikut adalah berbagai macam cara Sleep Training bayi!

  1. Cry-It-Out (CIO)

Metode Sleep Training pertama, “Cry-It-Out,” dikenal sebagai metode yang sedikit kejam. Ini karena orangtua disarankan untuk biarkan bayi sendirian dan menangis hingga tenang dan dapat tertidur sendiri. Dengan metode ini, bayi dapat belajar untuk menyamankan diri sendiri sehingga orangtua tidak perlu menenangkannya, dan seiring waktu, bayi akan lebih jarang menangis jika terbangun dari tidurnya.

  1. Chair

Dengan metode “Chair” ini, orangtua butuh duduk di kursi sebelah crib anak lalu mengelus dan menenangkan bayi yang nagis sambil tetap duduk sebelah mereka. Namun dengan seiring waktu, kursi yang diduduki orangtua disarankan untuk semakin menjauhi crib anak, sampai akhirnya keluar dari kamar.

  1. Pick-Up-Put-Down

Pick-Up Put-Down adalah metode dimana orangtua disarankan untuk meletakkan bayi mereka di crib ketika mereka sudah mulai mengantuk. Jika bayi mulai menangis, orangtua disarankan tunggu beberapa menit untuk melihat jika bayi dapat menenangkan diri sendiri sebelum menawarkan kenyamanan. 

Bagaimana, Mama dan Papa? Semoga informasi tersebut tentang cara Sleep Training bayi dapat membantu dan diterapkan!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri