• May 28, 2024

Ingin Memperbanyak ASI? Ini Tips Memompa ASI Agar Melimpah!

 Ingin Memperbanyak ASI? Ini Tips Memompa ASI Agar Melimpah!

Ingin Memperbanyak ASI? Ini Tips Memompa ASI Agar Melimpah!

Memompa Air Susu Ibu (ASI) Merupakan salah satu cara paling efektif untuk membantu memperbanyak produksi ASI! Karena itu, kami sarankan Moms untuk mulai sering memompa ASI jika mengalami ASI seret atau berkurang dari biasanya. 

Namun, tidak jarang untuk beberapa Moms baru merasa bingung dengan cara yang tepat untuk memompa ASI. Untuk membantu Moms memperbanyak ASI, berikut ini adalah tips cara memompa ASI agar melimpah!

Atur Jadwal Pumping

Untuk memperbanyak ASI, Moms tidak hanya perlu memompa lebih sering, tapi juga butuh menetapkan jadwal konsisten untuk memompa ASI dengan tepat waktu. Memompa ASI secara konsisten setiap hari dapat membantu tubuh Moms produksi jauh lebih banyak ASI, sehingga menghindari mengalami ASI serat. Menurut American Pregnancy Association, Moms disarankan untuk memompa ASI setidaknya 8 hingga 12 kali dalam 24 jam. Kami juga sarankan Moms untuk memompa ASI di pagi hari karena waktu inilah dimana tubuh Moms dapat produksi paling banyak ASI. 

Pijat Payudara

ASI booster berikut yang dapat membantu memperbanyak produksi ASI adalah dengan melakukan pijat laktasi selama memompa ASI. Moms dapat melakukan ini dengan memijat bagian payudara secara lembut untuk membantu merangsang aliran darah ke payudara dan membantu membuka saluran susu yang mungkin tersumbat. Moms juga dapat mengompres payudara dengan handuk hangat sebelum mulai pijatan untuk merangsang aliran darah secara efektif. Ketika melakukan pemijatan, pastikan untuk menekan secara lembut area sekitar puting.

Memompa Memperbanyak ASI

Baca Juga: Inilah Manfaat Membedong Bayi Susah Tidur!

Memompa ASI dari Kedua Payudara

Untuk memperbanyak ASI secara optimal, pastikan untuk selalu memompa dari kedua sisi payudara ya, Moms! Tubuh tidak akan dapat produksi ASI secara optimal jika salah satu sisi payudara masih penuh ASI. Karena itu, kami sarankan Moms untuk coba memompa dari kedua sisi payudara secara bergantian selama 10 hingga 15 menit pada setiap payudara.

Pakai Peralatan yang Tepat

Tipe dan kualitas pompa yang dipakai Moms dapat memiliki peran besar dalam jumlah ASI yang dihasilkan. Karena itu, kami sarankan Moms untuk pilih alat pompa ASI yang sesuai dengan ukuran payudara Moms dan pastikan semua bagian pompa terpasang dan dipakai dengan benar untuk hasil yang optimal.

Itulah informasi seputar tips cara memompa ASI supaya memperbanyak ASI Moms secara alami! Semoga membantu!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri