• May 28, 2024

Ini 4 Tips Cara Mengatasi Bayi Susah Makan!

 Ini 4 Tips Cara Mengatasi Bayi Susah Makan!

Ini 4 Tips Cara Mengatasi Bayi Susah Makan!

Ketika anak menginjak usia 6 bulan, seringkali mereka akan sudah siap untuk diberikan makanan pendamping ASI (MPASI) untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mereka. Namun, tidak jarang juga untuk bayi menolak makanan yang diberi padanya. Hal ini tentu saja dapat membuat banyak orang tua merasa cemas.

Tapi parents tidak butuh khawatir! Berikut ini adalah informasi seputar penyebab bayi susah makan dan tips cara mengatasinya!

Alasan Bayi Susah Makan

Ada beberapa alasan kenapa bayi mungkin menolak atau susah makan. Karena itu, parents butuh kenali penyebab bayi susah makan sebelum dapat mengatasinya. Beberapa penyebab umum termasuk: 

  • Milih-milih makanan
  • Menghindari Makanan Baru
  • Bayi Sudah Kenyang
  • Bayi Belum Siap Makan MPASI
  • Bayi Sedang Sakit

Cara Mengatasi Bayi Susah Makan

Bervariasi Dengan Menu

Bisa jadi salah satu alasan bayi susah makan adalah karena ia tidak suka dengan rasa atau tekstur makanan yang diberi padanya. Karena itu, kami sarankan parents untuk coba sajikan berbagai jenis makanan dan resep MPASI yang berbeda. Coba beri anak variasi tidak hanya dalam rasa makanannya, tapi juga dengan tekstur dan suhu makanan yang diberi padanya. Ini akan membantu anak mengeksplorasi dan menemukan makanan yang ia sukai. 

Biarkan Bayi Makan Secara Mandiri

Mulai usia 9 bulan, Moms & Dads dapat coba memberikan bayi kesempatan untuk makan secara mandiri. Ini dapat membantu anak bereksplorasi dengan makanannya dan meningkatkan minatnya untuk makan. Biarkan bayi memegang sendok atau berikan ‘si Kecil’ finger foods yang aman supaya mereka dapat makan secara sendiri. 

Bayi Susah Makan

Baca Juga: 4 Ide Resep MPASI 12 Bulan Yang Lezat Dan Sederhana!

Buat Jadwal Makan yang Teratur dan Konsisten

Supaya bayi mulai merasa lebih terbiasa dengan makan makanan padat, buatlah jadwal makan yang teratur dan konsisten. Ini akan membuat bayi belajar dan lebih mengerti ketika ia merasa lapar atau kenyang. Para ahli menyarankan parents untuk beri bayi makan sekitar 3 kali sehari, dengan 1-2 kali camilan. Selain itu, pastikan bayi masih menerima cukup ASI/susu.

Sesuaikan Porsi

Bisa jadi salah satu alasan bayi susah makan adalah karena ia merasa kenyang. Karena itu, penting untuk parents sesuaikan porsi MPASI bayi supaya sesuai dengan usianya. Jika bayi Moms & Dads mudah kenyang, kami sarankan untuk berinya porsi yang sedikit tapi dengan frekuensi yang lebih sering.

Itulah 4 tips cara mengatasi bayi susah makan! Jika ‘si Kecil’ masih susah makan sehingga membuat parents merasa khawatir, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri