• May 28, 2024

Ini 5 Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Bayi Baru Lahir

 Ini 5 Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Bayi Baru Lahir

Ini 5 Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Bayi Baru Lahir

Kelahiran seorang bayi tentu membawa kebahagiaan pada orang tua dan keluarga. Namun bagi orang tua baru, mungkin ada beberapa hal dan fakta yang belum diketahui sepenuhnya tentang bayi baru lahir. 

Parents, ini 5 hal yang perlu diketahui tentang bayi baru lahir!

Butuh Tidur Selama 12-16 Jam Sehari

Bayi baru lahir membutuhkan banyak tidur untuk bertumbuh dan berkembang secara optimal. Pada umumnya, bayi baru lahir akan tidur sekitar 12 hingga 16 jam sehari, namun penting juga untuk diingat bahwa pola tidur bayi baru lahir belum teratur. Bayi baru lahir akan bangun untuk hanya sekitar 1-2 jam, Moms & Dads butuh pakai waktu ini untuk menyusuinya dan mengganti popoknya. Untuk bantu bayi mencukupi kebutuhan istirahatnya, kami sarankan parents untuk ciptakan lingkungan yang tenang dan nyaman untuk bayi tidur.

Normal Untuk Turun Berat Badan

Beberapa hari setelah kelahirannya, bayi biasanya akan mengalami penurunan berat badan. Ini hal yang normal karena ‘Si Kecil’ butuh waktu untuk mengeluarkan cairan yang ia bawa di dalam tubuhnya dari dalam rahim. Jadi Moms & Dads tidak perlu terlalu khawatir jika berat badan anak menurun beberapa hari setelah kelahirannya. Namun, penting untuk diingat bahwa bayi harus mulai kembali naik berat badan dalam beberapa minggu pertama.

Menangis Tanpa Mengeluarkan Air Mata

Pada awal hidupnya, bayi baru lahir mungkin menangis tanpa mengeluarkan air mata. Ini karena sistem tubuh mereka yang memproduksi air mata belum berkembang sepenuhnya. Parents tidak perlu khawatir jika anak tidak memproduksi air mata karena ini hal yang normal untuk banyak bayi baru lahir. 

bayi baru lahir

Baca Juga: Parents! Ini 4 Alasan Berat Badan Bayi Susah Naik!

Kulit Tubuh Kering

Banyak bayi baru lahir cenderung mengalami kulit kering dan sering mengelupas. Ini adalah kondisi yang umum dan biasanya akan hilang dengan sendirinya seiring waktu. Moms & Dads dapat membantu menjaga kelembapan kulit bayi dengan menggunakan pelembab atau minyak bayi yang lembut. Hindari menggunakan produk yang mengandung alkohol atau bahan pewangi yang dapat menyebabkan kulit sensitif bayi teriritasi.

Menyusui Butuh Proses

Menyusui bayi baru lahir merupakan proses yang memerlukan waktu dan kesabaran. Tidak semua bayi akan dapat menyusu dengan mudah dan cepat. Perlu waktu beberapa minggu untuk bayi baru lahir dan ibu saling menemukan ritme dan cara menyusu yang tepat. Karena itu, kami sarankan parents untuk mencari cara yang tepat untuk menyusui anak supaya dapat membantu ‘si Kecil’ mencukupi kebutuhan ASInya.

Itulah 5 hal yang perlu diketahui tentang bayi baru lahir! Bagaimana, parents? Semoga bermanfaat!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri