• May 29, 2024

Ini 5 Mitos Bayi Baru Lahir Dan Faktanya Yang Perlu Diketahui!

 Ini 5 Mitos Bayi Baru Lahir Dan Faktanya Yang Perlu Diketahui!

Ini 5 Mitos Bayi Baru Lahir Dan Faktanya

Sebagai parents, tidak jarang untuk Moms & Dads dengar berbagai saran dan mitos bayi seputar perawatan bayi baru lahir. Namun, beberapa mitos dan saran yang sering berkembang di Indonesia ternyata tidak sepenuhnya benar loh, parents! Yuk, kenali beberapa mitos bayi baru lahir dan fakta yang sebenarnya di artikel ini.

Jangan Memotong Kuku Bayi Sebelum Berusia 40 Hari

Ini merupakan mitos bayi baru lahir yang paling sering didengar seputar Indonesia. Namun faktanya, anggapan ini tidak benar ya, parents. Memotong kuku bayi baru lahir tidak akan membahayakan mereka. Faktanya, beberapa bayi lahir dengan kuku panjang yang dapat menyebabkan bayi mencakar mukanya atau dirinya. Karena itu, parents memang disarankan untuk kikir kuku bayi jika panjang agar mereka tidak melukai diri sendiri.

Bayi Perlu Dibedong Dengan Kencang Agar Kaki Tidak Bengkok

Meskipun membedong bayi sangat efektif dalam menenangkan dan membantu bayi tidur dengan lebih nyaman, tidak ada hubungannya membedong dengan pembentukan tulang kaki di kecil loh, parents! Justru, banyak ahli menyarankan Moms & Dads untuk hindari membedong kaki bayi terlalu kencang karena dapat menghambat perkembangan motoriknya dan meningkatkan risiko sindrom kematian bayi mendadak (SIDS). 

Mitos Bayi Baru Lahir

Baca Juga: Ini Bahayanya Mencium Bayi Baru Lahir Yang Perlu Diketahui!

Terlalu Sering Menggendong Bayi Akan Membuatnya Manja

Beberapa orang percaya bahwa terlalu cepat atau sering menggendong bayi yang menangis dapat membuatnya menjadi manja. Namun, penting untuk parents tahu bahwa ini hanya merupakan mitos ya! Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa bayi yang diberi banyak perhatian dan kasih sayang justru memiliki perkembangan emosional dan sosial yang lebih baik daripada bayi yang tidak. Karena itu, parents butuh bisa bedakan cara memanjakan anak yang sudah dewasa atau bayi baru lahir, dan jangan ragu menggendong dan beri banyak kasih sayang pada bayi baru lahir, ya.

Hindari Bawa Bayi Keluar Selama 40 Hari Pertama

Memang betul bahwa bayi baru lahir tidak disarankan untuk dibawa ke luar rumah. Hal ini karena sistem kekebalan tubuh bayi masih sangat lemah dan rentan terhadap banyak hal. Membawa bayi baru lahir ke luar dapat meningkatkan risiko bayi tertular berbagai penyakit. Namun, bukan berarti parents tidak dibolehkan bawa bayi keluar sama sekali. Banyak ahli menyarankan parents untuk hindari membawa bayi ke tempat yang penuh keramaian seperti cafe, mall, atau playground. Namun di atas usia dua minggu, tidak ada salahnya membawa bayi untuk berjalan-jalan di luar rumah agar bayi dapat paparan sinar matahari.

Bayi Hanya Boleh Dimandikan Di Pagi Hari Agar Tidak Sakit

Ini juga merupakan mitos bayi baru lahir yang sering diungkap banyak orang. Namun faktanya, tidak ada masalah dengan bayi dimandikan di siang atau malam hari. Bayi dapat dimandikan kapan saja sesuai kebutuhan mereka. Penting saja untuk parents menjaga suhu air mandi bayi agar hangat dan nyaman bagi bayi. Hindari memandikan bayi dengan air dingin karena ini dapat membuat mereka menggigil, sehingga memicu suhu tubuhnya naik dan menjadi sakit.

Demikian, itulah 5 mitos bayi baru lahir dan fakta sebenarnya yang perlu parents ketahui! Semoga bermanfaat, Moms & Dads!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri