• May 28, 2024

Ini 5 Tips Cara Mengatasi Kulit Bayi Kering!

 Ini 5 Tips Cara Mengatasi Kulit Bayi Kering!

Ini 5 Tips Cara Mengatasi Kulit Bayi Kering!

Pada umumnya, kulit bayi masih sangat sensitif dan tipis sehingga mudah mengalami beberapa permasalah. Sama seperti orang dewasa, salah satu masalah yang dialami oleh banyak bayi adalah kondisi kulit yang kering dan mengelupas.

Namun, parents tidak perlu terlalu khawatir! Berikut ini adalah informasi seputar penyebab kulit bayi kering dan tips cara mengatasinya!

Penyebab Kulit Bayi Kering

Kulit kering dan mengelupas cenderung sering terjadi pada banyak bayi, terutama pada bayi yang baru lahir. Bagi bayi baru lahir, mereka seringkali mengalami kulit yang kering dan bersisik akibat luruhnya vernix caseosa yang melapisi kulit. 

Namun, untuk bayi yang sudah sedikit lebih besar, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kulit bayi kering, termasuk:

  • Cuaca atau udara yang terlalu dingin dan kering
  • Durasi mandi yang terlalu lama
  • Pemilihan produk skincare yang tidak cocok dengan anak
  • Dehidrasi
  • Kondisi kulit lainnya seperti eksim

Tips Cara Mengatasinya

Rutin Pakai Pelembab

Jika kulit bayi kering, penting bagi orang tua untuk memilih produk perawatan kulit yang sesuai dan tepat untuk ‘si Kecil’. Pilihlah pelembab yang cocok untuk kulit sensitif bayi secara rutin. Beberapa ahli menyarankan parents untuk pilih pelembab hypoallergenic dan oleskan sekitar tiga kali sehari pada kulit bayi. Jangan lupa untuk mengoleskan pelembab pada area yang paling sering kering seperti pipi, lutut, siku, dan lipatan kulit anak.

Persingkat Waktu Mandi Bayi

Mandi untuk terlalu lama dapat menghilangkan kelembapan kulit ‘si Kecil’, sehingga menyebabkan kulit bayi kering. Karena itu, para ahli menyarankan parents untuk memandikan anak untuk hanya sekitar 5-10 saja. Bagi bayi baru lahir, anak disarankan untuk hindari mandi lebih dari 5 menit.

Kulit Bayi Kering

Baca Juga: Ini 5 Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Bayi Baru Lahir

Perhatikan Suhu Air Saat Mandi

Karena kulit bayi sangat sensitif, Moms & Dads butuh pastikan bahwa air mandinya tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia, bayi butuh mandi menggunakan suhu air 37°C. Hindari menggunakan air yang terlalu panas karena ini dapat menyebabkan kulitnya menjadi lebih kering.

Perhatikan Kelembapan Dan Suhu Ruangan

Ruangan yang terlalu panas dan kering dapat memicu kulit anak menjadi kering, karena itu Moms & Dads butuh perhatikan suhu dan kelembapan ruangan. Kami sarankan untuk menggunakan humidifier agar udara ruangan tetap cukup lembap. 

Hindari Menggunakan Produk Sembarangan

Sebaiknya, Moms & Dads butuh perhatikan produk skincare yang digunakan. Hindari menggunakan sabun mandi, atau produk skincare lainnya yang mengandung deterjen, alkohol, ataupun pewangi. Tiga hal ini dapat memicu kulit bayi menjadi kering.

Itulah informasi seputar penyebab kulit bayi kering dan tips cara mengatasinya! Semoga membantu, parents!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri