• May 28, 2024

Ini Bahayanya Mencium Bayi Baru Lahir Yang Perlu Diketahui!

 Ini Bahayanya Mencium Bayi Baru Lahir Yang Perlu Diketahui!

Ini Bahayanya Mencium Bayi Baru Lahir Yang Perlu Diketahui!

Tentunya muka dan ekspresi wajah bayi seringkali membuat orangtua merasa gemas dan ingin mencium dan mencubit pipinya. Meski begitu, hal ini sebainya tidak dilakukan, loh parents! Banyak ahli dan dokter anak menyarankan parents untuk hindari mencium atau terlalu sering menyentuh muka bayi karena berbahaya. Yuk, kenali bahayanya mencium bayi baru lahir di artikel ini.

Flu

Salah satu bahayanya mencium bayi baru lahir adalah penularan berbagai penyakit pada ‘si Kecil’, termasuk flu. Penting untuk parents ingat bahwa pada usia dini ini, sistem kekebalan tubuh bayi belum sempurna dan masih sangat rentan terhadap berbagai bakteri dan virus. Karena itu, bahkan flu ringan bagi orang dewasa dapat menjadi masalah besar dan berbahaya jika dialami oleh bayi baru lahir. 

Infeksi RSV (Respiratory Syncytial Virus)

Mencium bayi baru lahir juga meningkatkan risiko bayi terinfeksi dengan virus RSV. Meskipun gejalanya mirip dengan flu biasa bagi orang dewasa, kondisi ini bisa menjadi serius dan berpotensi fatal bagi bayi. Para ahli menjelaskan bahwa infeksi RSV dapat menyebabkan masalah pernapasan pada bayi, dan mempengaruhi jantung dan otaknya, sehingga bayi tidak tumbuh kembang secara optimal.

Bahayanya Mencium Bayi

Baca Juga: Parents Wajib Tahu! Bahayanya MPASI Sebelum 6 Bulan!

Memperlemah Sistem Imun Bayi

Sering mencium atau menyentuh muka dan bibir bayi juga dapat menyebabkan sistem kekebalan bayi menjadi lemah, sehingga rentan terhadap berbagai bakteri, virus, dan infeksi. Bayi akan mudah tertular infeksi jika dicium dan disentuh pipinya oleh orang lain, terutama jika Moms & Dads tidak menjaga kebersihan tangan saat berinteraksi dengan ‘si Kecil’.

Infeksi Lainnya

Selain flu dan RSV, ada berbagai infeksi dan penyakit lain yang dapat ditularkan melalui kontak fisik seperti menyentuh muka atau mencium bayi. Beberapa contoh penyakit termasuk herpes simplex tipe 1, Penyakit Tangan, Kaki, dan Mulut (PTKM), dan bahkan cacar air. Semua penyakit ini dapat menjadi masalah besar bagi bayi jika mereka terinfeksi. Jadi lebih baik parents tetap waspada dan hindari mencium ‘si Kecil’ ya!

Demikian, itulah bahayanya mencium bayi baru lahir. Banyak ahli dan dokter anak menyarankan parents untuk hindari mencium atau menyentuh muka bayi sampai ia berusia setidaknya 4 bulan, ketika sistem kekebalan bayi sudah mulai berkembang dan menjadi lebih kuat. Semoga informasi tersebut bermanfaat, parents!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri