• May 28, 2024

Inilah 4 Manfaat Membacakan Buku Untuk Anak Sejak Dini!

 Inilah 4 Manfaat Membacakan Buku Untuk Anak Sejak Dini!

Inilah 4 Manfaat Membacakan Buku Untuk Anak Sejak Dini!

Beberapa parents mungkin merasa sedikit bingung dengan kapan seharusnya mulai membacakan buku untuk anak. Namun, faktanya adalah Moms & Dads dapat mulai membacakan buku untuk anak sedini mungkin, bahkan bisa dilakukan sejak bayi atau balita. Meskipun  bayi masih belum mengerti sepenuhnya, membacakan buku untuk anak sejak usia muda dapat memiliki beberapa dampak positif loh! 

Yuk, parents! Simak 4 manfaat membacakan buku untuk anak sedini mungkin!

Mengembangkan Keterampilan Bahasa

Sering membacakan buku pada anak dapat membantu menambah kosakatanya dan meningkatkan kemampuannya untuk berkomunikasi dengan baik. Melalui buku, anak dapat belajar berbagai macam konsep dan hal baru, seperti warna, bentuk, angka, dan huruf. Beberapa studi telah menemukan bahwa anak yang rutin mendengar cerita sejak bayi tidak hanya menyerap lebih banyak kosakata, tapi juga memiliki skor lebih tinggi dalam keterampilan bahasa dan perkembangan kognitif.

Membangun Bonding Orang Tua dan Anak

Tidak hanya memiliki dampak yang positif pada edukasi dan kemampuan kognitif anak. Meluangkan waktu setiap hari atau setiap minggu untuk membaca buku bersama anak merupakan salah satu cara untuk berinteraksi dan membangun hubungan yang baik dengan anak. Momen ini menciptakan kesempatan untuk berbagi perasaan, tawa, dan emosi positif bersama, sehingga membuat momen bonding yang kuat antara Moms & Dads dan ‘si Kecil.’

Manfaat Membacakan Buku Untuk Anak

Baca Juga: 5 Ide Aktivitas Yang Mendukung Tumbuh Kembang Anak!

Meningkatkan IQ Anak

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa membacakan buku untuk anak secara rutin sejak dini tidak hanya dapat merangsang kemampuan kognitif anak, tapi juga dapat membantu meningkatkan IQ mereka. Semakin sering parents membacakan buku untuk anak, semakin aktif pula fungsi otak mereka. Ini membantu anak tidak hanya meningkatkan daya ingat, tapi membantu mereka dapat berpikir kritis dan kreatif. Parents juga dianjurkan untuk sering melakukan interaksi verbal selama membacakan buku untuk anak.

Membangkitkan Minat Baca Anak

Terakhir, salah satu manfaat membacakan buku untuk anak sejak usia dini adalah Moms & Dads dapat membantu ‘si Kecil’ untuk membangkitkan minat bacanya. Dengan sering meluangkan waktu untuk membaca buku dan mendengarkan cerita-cerita menarik, parents secara tidak langsung membuat anak cenderung tertarik membaca lebih banyak buku. Ini dapat menjadi kebiasaan yang baik hingga ia dewasa.

Demikian, itulah 4 manfaat membacakan buku untuk anak sejak dini! Semoga informasi ini bermanfaat, parents!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri