• May 27, 2024

Inilah 4 Penyebab Jerawat Pada Kulit Bayi!

 Inilah 4 Penyebab Jerawat Pada Kulit Bayi!

Inilah 4 Penyebab Jerawat Pada Kulit Bayi!

Menurut para ahli, sekitar 20% bayi di seluruh dunia mengalami jerawat atau “neonatal acne”. Meskipun merupakan hal yang normal, tentunya melihat jerawat di kulit ‘si Kecil’ dapat memicu rasa khawatir dan cemas bagi orangtua. 

Yuk, Parents! Kenali 4 penyebab jerawat pada kulit bayi serta tips cara menanganinya!

Perubahan Hormon

Sama seperti yang terjadi pada remaja dan orang dewasa, salah satu penyebab jerawat pada kulit bayi bisa jadi karena terjadinya perubahan hormon. Pada akhir masa kehamilan, hormon dari tubuh Moms dapat masuk ke plasenta, sehingga mempengaruhi produksi minyak dalam tubuh bayi. Hal ini dapat menyebabkan pori-pori di kulit ‘si Kecil’ tersumbat dan menyebabkan jerawat muncul pada kulit bayi setelah dilahirkan.

Pemakaian Produk Yang Tidak Cocok

Bayi memiliki kulit yang sangat sensitif dan rentan terhadap banyak hal. Karena itu, penting sekali untuk parents pilih sampo, pelembap, bedak, sabun, dan produk perawatan kulit lain yang tepat. Hindari menggunakan produk yang mengandung alkohol, banyak minyak, atau pewangi berlebihan. Parents juga butuh waspada berbagai produk yang mungkin memicu reaksi alergi atau iritasi pada kulit ‘si Kecil’.

Penyebab Jerawat Pada Kulit Bayi

Baca Juga: 5 Kesalahan Umum Tummy Time Bayi Yang Perlu Parents Hindari!

Pertumbuhan Bakteri atau Jamur di Kulit

Berikut, salah satu alasan kenapa jerawat mungkin muncul pada kulit bayi adalah karena kulit bayi lembap dan hangat, sehingga memicu pertumbuhan bakteri. Bakteri pada kulit merupakan hal yang normal pada banyak orang, namun ketika kulit memiliki pori-pori yang tersumat, maka bakteri ini dapat tumbuh subur dan menimbulkan jerawat. Kami sarankan parents untuk berkonsultasi dengan dokter jika ini terjadi agar mendapat saran yang tepat untuk mengatasinya.

Pengaruh lingkungan

Ada banyak faktor lingkungan lain yang dapat mempengaruhi kulit bayi dan menyebabkan jerawat. Beberapa hal yang dapat memicu terjadinya jerawat pada kulit bayi termasuk cuaca yang terlalu panas atau lembap, debu, polusi, dan paparan sinar matahari yang dapat memicu produksi minyak berlebih pada kulit bayi.

Demikian, itulah 4 penyebab jerawat pada kulit bayi yang perlu parents ketahui. Penting untuk diingat bahwa jerawat pada kulit bayi merupakan masalah umum yang biasanya dapat hilang secara sendiri. Namun, jika parents masih merasa khawatir, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter ya!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri