• May 28, 2024

Inilah 5 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Bayi Baru Lahir!

 Inilah 5 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Bayi Baru Lahir!

Inilah 5 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Bayi Baru Lahir!

Kelahiran ‘si Kecil’ tentu saja menjadi momen gembira bagi keluarga. Namun di sisi lain, ada banyak hal yang harus orangtua waspadai dan hindari pada minggu-minggu pertama kelahiran bayi.

Karena itu, untuk membantu Moms & Dads, berikut ini adalah 5 hal yang tidak boleh dilakukan pada bayi baru lahir!

Menidurkannya Dalam Posisi Miring Atau Tengkurap

Hal pertama yang tidak boleh dilakukan pada bayi baru lahir adalah menidurkannya atau meletakkannya dalam posisi miring atau tengkurap. Bayi baru lahir masih belum cukup kuat untuk mengangkat kepalanya secara mandiri. Karena ini, tidur dalam posisi miring atau tengkurap dapat menghalangi saluran udaranya sehingga bayi tidak bisa bernafas. Kami sarankan Moms & Dads untuk selalu perbaiki postur bayi saat tidur supaya dia tidur dengan posisi telentang.

Menciumnya

Bayi yang baru lahir memiliki sistem imun tubuh yang masih sangat rentan terhadap penyakit. Mencium ‘bayi dapat meningkatkan resiko dia tertular penyakit. Jadi, hindari mencium atau membiarkan orang lain mencium bayi Moms & Dads, ya! Selain mencium bayi, lebih baik untuk hindari menyentuh muka bayi terlalu sering juga, parents. Tangan kita penuh dengan berbagai macam kuman yang dapat menular pada bayi, jadi lebih baik untuk selalu pakai hand sanitizer atau cuci tangan sebelum memegang muka bayi.

Membiarkan Bayi Tidur Terlalu Lama

Seringkali, orangtua membuat kesalahan dengan membiarkan bayi baru lahir tidur terlalu lama. Beberapa minggu pertama, bayi perlu disusui setiap dua hingga tiga jam, bahkan jika mereka tidak memintanya. Jadi Moms & Dads jangan takut untuk membangunkan bayi yang sudah tidur untuk lebih dari 3 jam karena mereka memang perlu bagun untuk mulai menyusu.

Tidak Boleh Dilakukan Pada Bayi Baru Lahir

Baca Juga: Kapan Bayi Bisa Tidur Sepanjang Malam? Ini Faktanya!

Memakaikan Baju Atau Selimut Terlalu Tebal

Memakaikan baju yang terlalu tebal dapat membuat bayi overheated sehingga demam atau dehidrasi. Selain baju, membedong bayi dengan selimut yang terlalu tebal juga dapat membuat bayi baru lahir overheated. Untuk hindari ini, Moms & Dads perlu perhatikan dan sesuaikan baju dan selimut yang dipakaikan pada bayi dengan suhu di sekitar kamar.

Meletakkan Bantal Atau Boneka Di Kasurnya

Hal terakhir yang tidak boleh dilakukan pada bayi adalah meletakkan bantal atau boneka disekitarnya ketika ‘si Kecil’ tidur. Debu dapat terkumpul di atas selimut dan boneka dengan mudah dan ini dapat menyebabkan bayi mengalami kesulitan bernapas ketika tidur. Selain itu, tidur dengan boneka dan selimut juga meningkatkan risiko SIDS atau sindrom kematian bayi mendadak, lho!

Demikian, itulah 5 hal yang tidak boleh dilakukan pada bayi baru lahir! Semoga informasi tersebut bermanfaat agar Moms & Dads dapat menjaga kesehatan dan keselamatan bayi!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri