• May 27, 2024

Inilah 5 Penyebab Bayi Terlambat Berjalan!

 Inilah 5 Penyebab Bayi Terlambat Berjalan!

Inilah 5 Penyebab Bayi Terlambat Berjalan!

Tentunya banyak orang tua tidak sabar melihat anak mereka dapat berjalan secara sendiri untuk pertama kali. Setiap bayi bertumbuh dan berkembang dengan kecepatan yang berbeda, dan beberapa bayi mungkin membutuhkan lebih banyak waktu untuk belajar berjalan. Tapi bagaimana jika anak Moms & Dads sudah melewati usia 18 bulan dan masih belum dapat mengambil langkah pertamanya? Apa yang menyebabkan ‘si Kecil’ telat berjalan?

Berikut ini adalah 5 penyebab umum bayi terlambat berjalan yang perlu parents ketahui!

Keterlambatan Keterampilan Motorik

Penting untuk diingat bahwa setiap bayi tumbuh kembang pada waktu mereka masing-masing. Karena ini, lebih baik parents tidak terlalu membandingkan ‘si Kecil’ dengan anak lain. Pada umumnya, sebagian besar bayi mulai berjalan antara usia 9 hingga 16 bulan. Namun, beberapa bayi mungkin belum merasa cukup percaya diri, masih merasa enggan untuk berjalan, atau belum merasa cukup kuat untuk mengangkat badannya dan berjalan hingga usia 18 bulan. Parents hanya butuh merasa khawatir dan berkonsultasi dengan dokter jika ‘si Kecil’ masih belum dapat berjalan melewati usia 18 bulan.

Kekurangan Vitamin D

Salah satu alasan kenapa banyak bayi terlambat berjalan adalah karena mereka kekurangan vitamin D yang diperlukan untuk pertumbuhan tulang dan otot yang sehat. Kurangnya vitamin D dalam tubuh anak dapat menyebabkan otot dan tulangnya menjadi lemah, sehingga bayi tidak dapat mengambil langkah dengan baik. Banyak dokter anak dan ahli menyarankan parents untuk memastikan bahwa bayi mendapatkan cukup vitamin D melalui paparan matahari, atau dengan suplemen yang direkomendasikan oleh dokter. 

Kebiasaan Menggunakan Baby Walker

Parents perlu waspadai beberapa alat bantu jalan seperti Baby Walker. Banyak ahli ungkap bahwa penggunaan baby walker malah dapat menyebabkan bayi terlambat berjalan karena mereka tidak dapat mengembangkan otot kaki dan paha mereka dengan baik. Oleh karena itu, parents disarankan untuk hindari menggunakan baby walker, dan disarankan untuk menggunakan baby push walker sebagai alat bantu jalan sebagai gantinya.

bayi terlambat berjalan

Baca Juga: 5 Manfaat Alat Bantu Jalan Bayi Yang Perlu Parents Ketahui!

Masalah pada Otot

Alasan berikut kenapa bayi mungkin terlambat berjalan adalah karena ia mengalami masalah atau kelainan pada ototnya. Hal ini dapat terjadi akibat berbagai hal, termasuk kondisi seperti distrofi otot atau cerebral palsy. Jika Moms & Dads curiga bahwa bayi mengalami masalah pada ototnya, kami sarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

Faktor Eksternal

Terakhir, ada beberapa faktor eksternal yang dapat menyebabkan bayi terlambat berjalan. Ini termasuk lingkungan yang tidak mendukung bayi berjalan, kurangnya stimulasi untuk bayi, dan kurangnya kesempatan untuk bayi bergerak dan berjalan dengan bebas. Karena itu, kami sarankan parents untuk sering meluangkan waktu untuk mengajak bayi bermain dan belajar berdiri serta melatih dia berjalan dengan baik.

Demikian, itulah 5 penyebab umum bayi terlambat berjalan! Jika Moms & Dads merasa khawatir bahwa ‘si Kecil’ masih belum mengambil langkah pertamanya, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli ya, parents!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri