• May 28, 2024

Inilah 5 Tips Cara Melatih Bayi Berjalan!

 Inilah 5 Tips Cara Melatih Bayi Berjalan!

Inilah 5 Tips Cara Melatih Bayi Berjalan!

Melihat anak mengambil langkah pertamanya adalah momen spesial yang dinantikan banyak orangtua. Untuk beberapa anak, mereka dapat berjalan dengan lancar pada usia 14 bulan, namun untuk beberapa anak lain, mereka baru belajar untuk berjalan pada usia 17 bulan.

Bagi Moms & Dads yang tidak sabar melihat ‘si Kecil’ mengambil langkah pertama mereka, berikut ini adalah informasi seputar kapan anak dapat mulai berjalan dan beberapa tips cara melatih bayi berjalan!

Usia Berapa Boleh Mulai Melatih Bayi Berjalan

Setiap anak belajar untuk berjalan pada waktu yang berbeda-beda. Sebagian besar bayi akan mulai menunjukkan minat dan kemampuan untuk berjalan di antara usia 9 hingga 12 bulan, dan banyak anak akan sudah lancar berjalan pada usia 14 bulan. Namun, beberapa bayi mungkin membutuhkan waktu lebih lama sehingga baru dapat berjalan dengan lancar pada usia 17 bulan. 

Bantu si Kecil Sering Berdiri

Cara pertama untuk melatih bayi berjalan adalah dengan membiasakan ‘si Kecil’ bisa berdiri tanpa goyah, sehingga ia dapat berdiri tanpa butuh dukungan. Moms & Dads dapat melakukan ini dengan membantu anak berdiri tegak dan membolehkannya untuk bersandar pada benda besar dan berat seperti sofa. Dengan sering melakukan ini, parents akan membiasakan anak terhadap posisi berdiri dan menjejak kedua telapak kakinya pada lantai dengan baik. 

Hindari Menggunakan Sepatu

Saat melatih bayi berjalan, lebih baik untuk parents hindari menggunakan sepatu atau alas kaki lainnya terlebih dahulu. Ini karena berjalan dengan kaki telanjang dapat membantu anak merasakan permukaan yang mereka pijak dengan lebih baik, sehingga membantu mengembangkan keseimbangan dan koordinasi mereka. Selain itu, berjalan tanpa menggunakan sepatu juga seringkali berasa lebih nyaman untuk bayi dan akan menurunkan risiko bayi belajar berjalan secara aneh atau salah.

Melatih Bayi Berjalan

Baca Juga: Kulit Bayi Kering? Ini 5 Rekomendasi Pelembab Untuk Si Kecil!

Pancing Anak dengan Mainan

Jika ‘si Kecil’ sudah dapat berdiri tanpa bantuan, Moms & Dads dapat mulai menarik perhatiannya dan pancing dia secara pelan-pelan agar dapat mulai berjalan. Parents dapat menggunakan mainan kesukaan anak atau memanggil namanya dan berdiri beberapa langkah di depannya untuk mendorongnya untuk menghampiri Mama atau Papa dengan pelan-pelan.

Berjalan dalam Jarak Dekat

Jika ‘si Kecil’ sudah dapat mengambil beberapa langkah, mau itu secara sendiri atau dengan berpegangan pada benda-benda di sekelilingnya, Moms & Dads dapat mulai melatih anak untuk berjalan dalam jarak dekat. Jangan ragu untuk sering memegangi tangan bayi saat ia melangkah, untuk membantu anak membiasakan diri dengan posisi berdiri dan berjalan.

Beri Pijatan pada Kaki Anak

Terakhir, salah satu cara efektif untuk membantu anak supaya ia dapat belajar berjalan dengan cepat adalah dengan sering memberi kakinya pijatan. Memberikan pijatan lembut pada kaki bayi dapat membantu mengalirkan darah ke telapak kakinya sehingga meningkatkan kesadaran bayi tentang posisi dan gerakan kakinya sendiri.

Itulah 5 tips cara melatih bayi berjalan! Semoga membantu, parents!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri