• May 28, 2024

Inilah Ciri-Ciri Bayi Kolik Yang Perlu Diketahui Orang Tua!

 Inilah Ciri-Ciri Bayi Kolik Yang Perlu Diketahui Orang Tua!

Inilah Ciri-Ciri bayi Kolik Pada Anak Yang Perlu Diketahui Orang Tua!

Bagi bayi yang merasa lapar, mengantuk, ataupun tidak nyaman akibat popok basa, normal untuk mereka menangis sebagai cara untuk berkomunikasikan kebutuhan mereka pada Mama dan Papa. Namun, bagaimana jika bayi menangis berjam-jam tanpa alasan yang jelas? Kondisi ini diketahui sebagai Kolik.

Yuk, simak penjelasan apa itu bayi kolik, penyebabnya, dan ciri-ciri bayi kolik yang harus diwaspadai orang tua! 

Penyebab Bayi Kolik

Bayi Kolik itu bukan semacam penyakit tapi adalah sebuah kondisi ketika bayi menangis keras tanpa henti untuk lebih dari 3-4 jam sehari. Kondisi ini biasanya terlihat pada bayi berusia 4 hingga 6 minggu dan mulai menghilang sendirinya ketika bayi berusia 3-4 bulan.

Pada umumnya, penyebab kolik masih belum dapat diketahui secara pasti. Namun diduga oleh banyak ahli bahwa kolik terjadi saat bayi merasa ketidaknyamanan pada perutnya. Ketidaknyamanan ini bisa disebab oleh beberapa hal, termasuk sistem pencernaan bayi yang masih belum sempurna ataupun intoleransi laktosa.

Ciri-Ciri Bayi Kolik!

Sangat penting untuk dapat membedakan mana tangisan akibat bayi kolik dan yang mana bukan. Karena itu, berikut adalah ciri-ciri kolik yang perlu diwaspadai!

  1. Menangis pada waktu yang sama setiap hari
  2. Tidak ada alasan pasti untuk tagisan
  3. Menangis tanpa henti untuk lebih dari 1 – 3 jam sehari
  4. Tangisan bayi terdengar seperti teriakan
  5. Ekspresi bayi seperti sedang kesakitan atau tidak nyaman
  6. Kulit wajah bayi menjadi lebih merah
  7. Kaki melingkar atau tangan mengepal

Baca juga: Wajib Tahu, Cara Mengatasi Kolik untuk si Kecil!

ciri-ciri kolik

Kapan Harus Ke Dokter?

Bayi Kolik sendiri bukan kondisi yang membahayakan anak. Namun jika bayi mengalami gejala tersebut, kami sarankan untuk segera lakukan pemeriksaan kesehatan dengan dokter:

  • Demam
  • Tidak mau menyusu
  • Adanya benjol atau bengkak pada badan
  • Berat badan menurun
  • Adanya ruam pada kulit

Itulah informasi seputar penyebab dan ciri-ciri kolik. Sangat penting untuk diingat bahwa kolik adalah kondisi yang akan menghilang dengan sendirinya, jadi Mama dan Papa butuh tetap sabar dan tenang ya! 

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri