• May 27, 2024

Inilah Jadwal Menyusui Bayi 1 Bulan!

 Inilah Jadwal Menyusui Bayi 1 Bulan!

Inilah Jadwal Menyusui Bayi 1 Bulan!

Penting sekali untuk bayi baru lahir sering menyusui agar dapat mencukupi kebutuhan nutrisi mereka supaya dapat bertumbuh dan berkembang secara optimal. Namun, pada usia 1 bulan, parents mungkin masih merasa bingung dengan pola menyusui anak.

Tapi jangan khawatir! Berikut ini adalah informasi seputar jadwal menyusui bayi 1 bulan!

Frekuensi Menyusui

Pada umumnya, bayi berusia 1 bulan masih butuh menyusui secara sering. Menurut para ahli, bayi yang sehat akan menyusu sekitar 7 hingga 9 kali dalam sehari. Walaupun pola menyusui bayi mungkin belum teratur pada usia ini, pastikan jeda waktu antara setiap jadwal menyusui sekitar 1.5 hingga 3 jam sekali. Pada usia ini, jadwal menyusui bayi masih belum konsisten, jadi parents butuh menyesuaikan waktu menyusu sesuai dengan kebutuhan ‘si Kecil’.

Durasi Menyusui

Pada umumnya, bayi baru lahir biasanya menyusu untuk durasi kurang lebih 15 menit. Sementara rentang waktu menyusu dalam satu sesi untuk bayi berusia 1 bulan adalah sekitar 20 hingga 25 menit. Namun, penting untuk parents ingat bahwa setiap bayi berbeda, beberapa bayi mungkin butuh waktu lebih lama sebelum ia mulai merasa kenyang.

Pertanda Bayi Lapar

Penting sekali untuk parents mengenali tanda-tanda bayi lapar agar dapat menyusuinya sebelum ia rewel. Bayi berusia 1 bulan yang merasa lapar akan menunjukkan rasa laparnya dengan menengok kanan dan kiri sambil mencari puting, sering menggerakkan mulut dan bibirnya terus-menerus, dan menghisap tangan atau jarinya.

Jadwal Menyusui Bayi

Baca Juga: 5 Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Pada Bayi Di Bawah 1 Tahun!

Tanda Bayi Sudah Kenyang

Terakhir, Mom & Dad butuh kenali tanda-tanda anak kenyang setelah menyusu. Beberapa tanda-tanda bayi kenyang termasuk mengacuhkan payudara, menutup mulut saat ditawarkan payudara, dan tampak puas dan tenang setelah menyusui. Jika parents melihat anak melakukan hal-hal tersebut, itu menandakan bahwa ‘si Kecil’ sudah kenyang dan mencukupi kebutuhan ASInya. 

Demikian, itulah jadwal menyusui bayi 1 bulan. Penting untuk parents ingat bahwa pada usia ini, jadwal menyusui ‘si Kecil’ bersifat fleksibel dan dapat berubah seiring pertumbuhan dan perkembangan bayi. 

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri