• May 29, 2024

Inilah Kapan Bayi Perlu Berhenti Dibedong!

 Inilah Kapan Bayi Perlu Berhenti Dibedong!

Inilah Kapan Bayi Perlu Berhenti Dibedong!

Membedong merupakan hal yang sering dilakukan banyak orang tua di seluruh dunia. Selain membantu mengingatkan bayi kembali pada rasanya di dalam rahim, membedong bayi juga dapat menenangkan mereka dan mempermudah mereka untuk tertidur. Namun, penting untuk parents tahu bahwa ada usia kapan bayi butuh berhenti dibedong.

Berikut ini adalah informasi lengkap seputar kapan bayi perlu berhenti dibedong dan bahayanya membedong bayi untuk terlalu lama!

Kapan Bayi Perlu Berhenti Dibedong

Banyak ahli menyarankan parents untuk berhenti membedong bayi ketika mereka berusia sekitar 3 atau 4 bulan. Hal ini adalah karena pada usia ini, bayi sudah mulai belajar untuk berguling, dan tengkurap secara sendiri, sehingga berbahaya untuknya dibedong. Membedong bayi pada usia ini memicu risiko bayi berguling dan mengalami kesulitan bernafas saat ia tidur.

Risiko Membedong Bayi Terlalu Lama

Meningkatkan Risiko SIDS: Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa membedong bayi saat mereka sudah dapat berguling badannya sendiri dapat meningkatkan risiko SIDS atau kematian mendadak pada bayi.

Meningkatkan Risiko Dysplasia: Membedong bayi terlalu lama atau ketat juga dapat meningkatkan risiko mereka mengalami dysplasia panggul, di mana sendi panggul bayi bertumuh atau berkembang dengan baik. Hal ini dapat menyebabkan masalah pada perkembangan panggul dan kaki anak.

Ruam Pada Kulit Bayi: Membedong bayi terlalu lama dapat meningkatkan risiko kulit bayi teriritasi akibat biang keringat. Ini juga dapat menyebabkan kulit ‘si Kecil’ mengalami ruam.

Kapan Bayi Perlu Berhenti Dibedong

Baca Juga: Kapan Bayi Bisa Tidur Sepanjang Malam? Ini Faktanya!

Demikian, itulah informasi seputar kapan bayi perlu berhenti dibedong dan risiko membedong bayi terlalu lama. Jika Moms & Dads merasa khawatir dengan kesehatan ‘si Kecil’, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya! Semoga bermanfaat, parents!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri