• May 29, 2024

Inilah Kenapa Parents Butuh Melatih Bayi Berjalan Tanpa Alas Kaki!

 Inilah Kenapa Parents Butuh Melatih Bayi Berjalan Tanpa Alas Kaki!

Inilah Kenapa Parents Butuh Melatih Bayi Berjalan Tanpa Alas Kaki!

Kemampuan untuk berjalan dan berlari merupakan skill yang penting untuk tumbuh kembang semua anak. Namun sayangnya, banyak parents masih cenderung memakaikan alas kaki atau sepatu pada kaki anak saat melatih atau mengajak mereka berjalan. Penting untuk parents tahu bahwa banyak ahli dan dokter anak menyarankan orangtua untuk hindari menggunakan alas kaki pada anak saat melatih ia berjalan.

Yuk, Moms & Dads! Kenali beberapa alasan kenapa parents perlu melatih bayi berjalan tanpa alas kaki!

Perkembangan Motorik Bayi

Salah satu manfaat melatih bayi berjalan tanpa alas kaki adalah membantu perkembangan motorik ‘si Kecil’. Berjalan tanpa alas kaki membantu bayi dapat merasakan permukaan lantai yang mereka pijak dengan lebih baik. Ini tidak hanya membantu anak mengembangkan otot-otot kakinya secara lebih aktif, tapi juga membantu anak mengembangkan postur yang benar saat belajar berjalan.

Meningkatkan Keseimbangan dan Koordinasi

Belajar berjalan tanpa alas kaki juga membantu meningkatkan keseimbangan dan koordinasi anak. Menggunakan sepatu dapat menyebabkan bayi merasa tidak stabil, sehingga sulit untuk anak menjaga keseimbangan tubuhnya dan mengatur tubuh mereka saat belajar berjalan. Karena itu, lebih baik untuk parents biarkan bayi belajar berjalan tanpa alas kaki supaya telapak kaki mereka dapat menyentuh langsung dengan lantai dan membantu anak belajar untuk mengatur keseimbangan dan koordinasi tubuh mereka dengan lebih baik.

Melatih bayi berjalan

Baca Juga: Inilah 5 Penyebab Bayi Terlambat Berjalan!

Membentuk Lengkung Telapak Kaki Bayi

Bayi yang belajar berjalan tanpa alas kaki akan mengalami pembentukan lengkung telapak kaki yang lebih alami. Saat mereka berjalan tanpa alas kaki, berat badan bayi akan terdistribusi dengan baik pada seluruh telapak kaki, sehingga membantu membentuk lengkung telapak kaki yang alami. Ini bisa membantu mencegah masalah kaki pada anak di masa depan, seperti flat feet.

Mengembangkan Rasa Kepercayaan Diri

Melatih bayi berjalan tanpa menggunakan alas kaki juga membantu ‘si Kecil’ merasa lebih percaya diri dalam menjelajahi lingkungan sekitarnya. Bayi akan terbiasa dengan berjalan di berbagai permukaan, sehingga akan dapat berjalan dengan mudah tanpa rasa takut atau cemas.

Demikian, itulah informasi seputar manfaat melatih bayi berjalan tanpa alas kaki! Semoga bermanfaat, Moms & Dads! 

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri