• May 28, 2024

Inilah Manfaat Membedong Bayi Susah Tidur!

 Inilah Manfaat Membedong Bayi Susah Tidur!

Inilah Manfaat Membedong Bayi Susah Tidur!

Membedong bayi merupakan salah satu cara paling efektif untuk membantu menenangkan bayi dan membuatnya merasa nyaman. Karena itu, membedong bayi yang rewel atau susah tidur di malam hari seringkali dapat membantunya tertidur. Selain itu, membedong bayi di malam hari juga dapat memberikan beberapa manfaat lain bagi tidur ‘si Kecil’ loh, parents!

Yuk, simak manfaat membedong bayi susah tidur!

Mengenal Bedong Bayi

Bedong bayi merupakan melilitkan kain ke tubuh bayi, seperti menyelimuti tubuh bayi, agar mereka merasa nyaman dan terlindungi. Membedong bayi membantu mengurangi refleks dan gerakan anak, sehingga mengurangi risiko ia menyakiti diri saat tidur, atau tidurnya terganggu.

Manfaat Membedong Bayi

Membedong bayi memiliki beberapa dampak positif pada bayi, terutama mereka yang susah tidur. Beberapa manfaat membedong bayi susah tidur termasuk:

  • Menenangkan Bayi: Dengan melipatkan tubuh bayi dengan kain hangat, Moms & Dads membantu mengingatkannya akan suasana dalam rahim yang hangat. Ini dapat membantu menenangkan bayi yang rewel, sehingga ia lebih mudah tertidur.
  • Meningkatkan Kualitas Tidur Bayi: Bayi yang dibedong tidak sering terbangun akibat refleks atau gerakkan tubuh mereka sendiri. Karena ini, membedong bayi dapat membantu mengurangi gangguan tidur dan meningkatkan kualitas tidur anak.
  • Membantu Bayi Tidur Terpisah Dari Orangtua: Beberapa bayi mungkin susah tidur di malam hari karena merasa cemas atau takut ketika ditinggalkan orang tuanya. Namun, membedong bayi dapat membantu memberi anak rasa hangat dan nyaman sehingga mengurangi rasa cemasnya dan mempermudahnya untuk tertidur.

Membedong Bayi Susah Tidur

Baca Juga: 6 Gaya Bayi Merangkak Yang Perlu Parents Ketahui!

Tips Membedong Bayi Dengan Tepat

Ketika membedong bayi saat waktunya tidur, ada beberapa hal yang perlu parents ingat agar bayi tetap sehat dan aman!

  • Hindari Membedongnya Terlalu Ketat: Pastikan untuk hindari membedong bayi terlalu erat. Ini malah dapat membuat bayi merasa tidak nyaman dan memicu masalah kesehatan pada tubuh anak.
  • Pilih Kain Yang Nyaman: Hindari menggunakan kain yang terlalu tebal karena hal ini dapat menyebabkan ‘si Kecil’ merasa panas dan tidak nyaman, sehingga menjadi rewel.
  • Hindari Membedong Bayi Ketika Berusia 4 – 6 Bulan: Ketika bayi sudah mulai dapat berguling, lebih baik untuk parents berhenti membedongnya saat waktunya tidur. 

Itulah informasi seputar manfaat membedong bayi susah tidur!  Ingat bahwa setiap bayi berbeda, jadi jangan terlalu khawatir jika anak Moms & Dads tidak suka dibedong.

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri