• May 27, 2024

Inilah Manfaat Mengajarkan Bahasa Isyarat Pada Bayi!

 Inilah Manfaat Mengajarkan Bahasa Isyarat Pada Bayi!

Inilah Manfaat Mengajarkan Bahasa Isyarat Pada Bayi!

Kemampuan untuk berbicara dan berkomunikasi merupakan salah satu tahap perkembangan bayi yang sangat dinantikan oleh banyak orangtua. Namun, Moms & Dads tahu gak kalau ada cara untuk dapat berkomunikasi dengan ‘si Kecil’ secara efektif sebelum ia lancar berbicara?

Beberapa ahli anak menyarankan parents baru untuk belajar dan mengajar bayi untuk menggunakan bahasa isyarat. Walau tidak memiliki gangguan pendengaran maupun berbicara, belajar untuk menggunakan bahasa isyarat dapat memiliki berbagai manfaat loh, parents! Yuk, simak manfaat mengajarkan bahasa isyarat kepada bayi di artikel ini!

Membantu Parents Berkomunikasi Dengan Anak

Pada umumnya, banyak bayi di antara usia 4 hingga 8 bulan sudah bisa mulai dapat memahami ucapan parents. Namun, kosakata dan kemampuan bahasa anak pada usia ini masih kurang bagus. Karena itu, sering menjadi sulit untuk anak memberitahu parents apa yang mereka inginkan. Namun dengan belajar untuk menggunakan bahasa isyarat, mereka dapat mengungkapkan kebutuhan mereka dengan lebih mudah secara non-verbal. Moms & Dads dapat belajar dan mengajar anak berbagai bahasa isyarat yang mudah dan dapat sering dipakai seperti kata “lapar”, “haus”, “susu”, atau “kenyang”.

Melatih Kemampuan Motorik Halus

Pada umumnya, gerakan bahasa isyarat untuk bayi diambil dari American Sign Language (ASL). Karena itu, bayi akan butuh belajar menggerakan jari dan tangannya secara spesifik untuk dapat melakukan gerakan yang tepat. Ini dapat membantu ‘si Kecil’ melatih motorik halusnya, sehingga akan dapat membantu keterampilan menulis, koordinasi mata-tangan, dan menggunakan berbagai macam alat seperti garpu dan sendok di masa depan.

Bahasa Isyarat Bayi

Baca Juga: Inilah Tips Mengurus Anak Tanpa Babysitter!

Meningkatkan Kemampuan Berbicara

Beberapa orangtua mungkin merasa khawatir bahwa mengajarkan bayi bahasa isyarat dapat menghambat kemampuan anak untuk berbicara. Namun, beberapa penelitian telah menemukan sebaliknya loh, parents! Menurut beberapa studi, mengajarkan bayi bahasa isyarat dapat membantu meningkatkan kemampuan anak untuk berbicara. Belajar bahasa isyarat juga dapat membantu anak menyerap dan mengingat kosakata baru dengan jauh lebih mudah. Selain itu, belajar bahasa isyarat juga dapat sangat membantu anak yang mengalami keterlambatan bicara dapat berkomunikasi dengan parents secara efektif.

Demikian, itulah beberapa manfaat mengajarkan bahasa isyarat kepada bayi yang parents perlu ketahui! Semoga membantu!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri