• May 28, 2024

Inilah Manfaat Tummy Time Untuk Bayi Yang Belajar Merangkak!

 Inilah Manfaat Tummy Time Untuk Bayi Yang Belajar Merangkak!

Inilah Manfaat Tummy Time Untuk Bayi Yang Belajar Merangkak!

Mulai usia 4 hingga 10 bulan, parents tentunya sangat menantikan momen ketika ‘si Kecil’ mulai merangkak. Kemampuan untuk merangkak dapat dipelajari banyak bayi secara sendiri. Namun Moms & Dads dapat melakukan beberapa hal untuk menstimulasi anak agar ia belajar dengan lebih cepat. Salah satu cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan perbanyak Tummy Time sejak usia dini!

Yuk, parents! Kenali manfaat tummy time untuk bayi yang belajar merangkak di artikel ini!

Apa Itu Tummy Time

Tummy time merupakan aktivitas dimana bayi diletakkan dalam posisi tengkurap saat ia sedang bangun. Tidak ada aturan pasti usia ideal bayi untuk melakukan tummy time, namun Moms & Dads dapat mulai mengajak anak untuk melakukan tummy time beberapa hari setelah bayi lahir. Ketika berada dalam posisi tengkurap saat tummy time, parents dapat ajak anak untuk bermain atau menarik perhatiannya dengan benda, mainan, atau dengan memanggil namanya.

Manfaat Tummy Time

Tummy time memiliki beberapa manfaat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan ‘si Kecil’. Pertama, sering melakukan tummy time secara rutin dapat membantu memperkuat otot-otot tubuh anak, termasuk otot punggung, lengan, leher, dan bahu. Tummy time juga dapat membantu mencegah keterlambatan dan kondisi motorik pada anak, seperti kepala datar atau plagiocephaly. Selain itu, sering mengajak anak tummy time dapat mendorong rasa ingin tahunya dan memberi bayi kesempatan untuk merasakan permukaan, merangsang indera perabanya, dan perkembang koordinasi mata dan tangan anak dari usia dini. 

Tummy Time Bayi Merangkak

Baca Juga: Usia Berapa Bayi Bisa Mulai Merangkak?

Bagaimana Tummy Time Membantu Bayi Belajar Merangkak

Sering mengajak bayi melakukan tummy time dapat membantunya untuk belajar merangkak dengan lebih cepat. Ini karena tummy time membantu anak memperkuat otot-otot yang dibutuhkan saat mereka mengangkat tubuh dan mulai merangkak. Sering melakukan tummy time juga membantu anak melatih mengangkat kepala mereka, sehingga mereka dapat melihat dunia di sekitar mereka secara sendiri. Hal ini dapat memicu rasa ingin tahu anak untuk bereksplorasi dan bergerak secara sendiri.

Demikian, itulah manfaat tummy time untuk bayi yang belajar merangkak! Dengan sering mengajak ‘si Kecil’ tummy time secara rutin, Moms & Dads dapat membantu anak belajar menjadi lebih lincah!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri