• May 28, 2024

Inilah Panduan Tummy Time Bayi Sesuai Usia

 Inilah Panduan Tummy Time Bayi Sesuai Usia

Inilah Panduan Tummy Time Bayi Sesuai Usia

Tummy time merupakan aktivitas penting yang perlu dilakukan anak secara rutin untuk membantu bayi tumbuh kembang secara optimal. Tummy time tidak hanya bermanfaat untuk memperkuat otot-otot bayi, tapi juga membantu meningkatkan keterampilan visual dan sensoriknya.

Namun, banyak parents baru mungkin merasa bingung dengan durasi dan frekuensi yang tepat untuk melakukan tummy time dengan anak. Jangan khawatir, Moms & Dads! Berikut ini adalah panduan tummy time bayi sesuai usia yang perlu diketahui!

Panduan Tummy Time untuk Bayi Baru Lahir – 3 Bulan

Banyak ahli anak menyarankan parents untuk mulai tummy time segera setelah bayi lahir. Namun tentunya pada usia ini, bayi masih memerlukan banyak waktu untuk beradaptasi terhadap lingkungan di sekitarnya. Selain itu, badan bayi masih sangat lemah dan rentan terhadap banyak hal. Karena itu, lebih baik untuk mulai tummy time secara perlahan dan dalam waktu yang singkat, karena leher dan otot leher bayi masih perlu diperkuat.

Untuk bayi baru lahir, parents bisa mulai melakukan tummy time sekitar 1 hingga 3 kali sehari. Moms & Dads dapat mulai sesi tummy time dengan membiarkan anak dalam posisi tengkurap untuk beberapa detik, lalu secara perlahan, perpanjang durasinya hingga satu hingga tiga menit.

Bagi bayi berusia 1 hingga 2 bulan, Moms & Dads disarankan untuk mengajak anak tummy time sekitar 2 hingga 3 kali sehari. Durasi tummy time juga disarankan untuk diperpanjang jadi sekitar 3 hingga 5 menit per sesi.

Terakhir, ketika bayi berusia 3 bulan, parents disarankan untuk meningkatkan durasi tummy time seiring waktu sehingga menjadi sekitar 30 hingga 40 menit per sesi. 

Panduan Tummy Time

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! Porsi MPASI Sesuai Usia Bayi!

Usia 4 – 6 Bulan

Pada usia ini, otot-otot bayi akan semakin kuat, dan banyak dari mereka akan mulai dapat kontrol kepala mereka dengan lebih baik. Karena itu, Moms & Dads disarankan untuk memperpanjang durasi tummy time supaya membantu mereka mengembangkan kemampuan ini dengan lebih baik.

Bagi bayi berusia 4 hingga 6 bulan, parents disarankan untuk ajak anak tummy time selama 1 hingga 2 jam. Moms & Dads juga dapat mengajak anak untuk melakukan berbagai aktivitas seperti bermain dengan mainan saat tummy time agar merangsang kemampuan kognitifnya.

Demikian, itulah panduan tummy time bayi sesuai usianya! Semoga bermanfaat, Moms & Dads!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri