• May 28, 2024

Inilah Tips Cara Mengajarkan Bayi Duduk Sendiri!

 Inilah Tips Cara Mengajarkan Bayi Duduk Sendiri!

Inilah Tips Cara Mengajarkan Bayi Duduk Sendiri!

Sebelum bayi dapat berdiri atau berjalan, ia butuh belajar untuk duduk terlebih dulu. Untuk membantu anak belajar mencapai tahapan perkembangan ini, ada beberapa hal yang Moms & Dads dapat melakukan!

Yuk, parents! Simak tips cara mengajarkan bayi duduk sendiri di artikel ini!

Usia Berapa Bayi Bisa Duduk Sendiri

Pada umumnya, banyak bayi akan mulai belajar untuk duduk sendiri sekitar usia 6 hingga 9 bulan. Mulai usia 6 bulan, banyak bayi akan mulai dapat duduk dengan bersandaran pada Moms & Dads atau benda lain. Namun, bayi baru akan dapat duduk secara sendiri tanpa bantuan sekitar usia 8 hingga 9 bulan. Pada usia 9-12 bulan, bayi diharapkan sudah mampu berganti posisi dari berbaring ke duduk dengan lincah. Namun, penting untuk diingat bahwa perkembangan setiap bayi berbeda, Moms & Dads tidak perlu terlalu khawatir jika anak sedikit telat untuk belajar duduk karena beberapa anak memang membutuhkan sedikit lebih banyak waktu.

Tips Cara Mengajarkan Bayi Duduk Sendiri

Sering Ajak si Kecil Tummy Time

Sebelum mengajarkan bayi untuk duduk secara sendiri, pastikan bahwa ia sudah dapat mengangkat kepalanya dan menggerakkan lehernya dengan baik. Moms & Dads dapat melatih kemampuan ini dengan sering mengajak ‘si Kecil’ untuk melakukan tummy time. Aktivitas tummy time sangat efektif dalam membantu anak untuk menguatkan otot-otot leher, punggung, pundak, dan inti pada bayi. Hal inilah yang akan membantu anak menemukan keseimbangan dan cukup kuat untuk menahan badannya saat belajar duduk.

Mulai dengan Beri Sandaran Saat Duduk

Salah satu cara mengajarkan bayi duduk adalah dengan mulai memberikan anak penyangga untuk bersandar. Parents dapat menggunakan objek yang besar dan kokoh seperti sofa, atau menaruh ‘si Kecil’ di kursi bayi. Dengan sering mengajak anak belajar untuk duduk sambil bersenderan, Moms & Dads membantu untuk mendukung pertumbuhan otot-ototnya. Sering mengajak anak untuk duduk sambil bersenderan juga akan membantu membiasakan anak dengan posisi duduk, sehingga akan membuatnya lebih mudah untuk belajar duduk secara sendiri.

Cara Mengajarkan Bayi Duduk

Baca Juga: Parents, Hindari Baby Walker Sebagai Alat Bantu Jalan Bayi! Ini Kenapa!

Hindari Membiarkan si Kecil Duduk Terlalu Lama

Ketika bayi masih baru mulai belajar untuk duduk, penting untuk parents hindari membiarkannya dalam posisi duduk untuk terlalu lama. Ini tidak hanya dapat menyebabkan bayi merasa tidak nyaman dan rewel, tapi juga dapat mempengaruhi fisik bayi. Ini karena belum semua tulang dan otot bayi sempurna, sehingga posisi duduk untuk terlalu lama dapat menyebabkan tekanan berlebihan pada tubuh rentannya.

Demikian, itulah beberapa tips cara mengajarkan bayi duduk sendiri! Jika pada usia 10 bulan bayi masih belum dapat duduk sendiri tanpa sandaran atau bantuan, kami sarankan parents untuk berkonsultasi dengan dokter ya!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri