• May 29, 2024

Inilah Tips Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi!

 Inilah Tips Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi!

Inilah Tips Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi!

Perut kembung merupakan salah satu masalah yang sering terjadi pada banyak bayi. Pada umumnya, perut kembung pada bayi tidak berbahaya, namun dapat memicu anak menjadi rewel hingga menangis karena merasa tidak nyaman. Oleh karena itu, penting untuk Moms & Dads dapat mengatasi perut kembung ‘si Kecil’ agar ia dapat merasa nyaman dan kembali tenang. 

Yuk! Simak beberapa tips cara mengatasi perut kembung pada bayi!

Kenali Ciri-Ciri Perut Bayi Kembung

Bayi yang mengalami perut kembung seringkali akan menjadi rewel dan gelisah. Selain itu, beberapa ciri-ciri perut kembung pada bayi termasuk:

  • Perut terasa keras saat dipegang
  • Bayi sering buang gas, baik dengan cara kentut atau sendawa
  • Nafsu makan menurun
  • Tidak dapat tidur dengan nyenyak
  • Kesulitan untuk buang air besar
  • Sering menekuk kakinya dan menarik kakinya ke arah dada

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Memijat Perut Bayi

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi perut kembung pada bayi adalah dengan memijat tubuhnya. Menggunakan minyak telon atau minyak zaitun, parents disarankan untuk pijat bagian perut bayi secara perlahan. Mulai dengan memijat dengan gerakan searah jarum jam, lalu lanjutkan pijatan dari tengah perut bayi ke arah kiri dan kanan. Selain itu, ada beberapa teknik pijat bayi lain yang dapat membantu mengatasi perut kembung anak yang dapat parents pelajari!

Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Baca Juga: 3 Teknik Pijat Bayi Untuk Mengatasi Perut Kembung Si Kecil!

Menggerakkan Kaki Bayi

Cara lain untuk mengatasi perut kembung bayi adalah dengan menggerakkan kaki ‘si Kecil’ dengan perlahan seperti sedang mengendarai sepeda. Baringkan bayi dengan posisi terlentang di kasur, lalu tekukan kedua kakinya dan gerakkan seperti sedang bersepeda. Lalu, gerakkan kedua kakinya secara melingkar. Kedua gerakkan ini akan membantu mengeluarkan gas dari perut bayi sehingga bayi merasa nyaman. Namun, penting untuk parents melakukan gerakkan ini secara perlahan dan hati-hati. Hindari melakukannya secara terlalu cepat atau kasar karena dapat mengakibatkan bayi cedera.

Tummy Time

Cara berikut untuk mengatasi perut kembung pada bayi adalah dengan sering melakukan tummy time, atau latihan tengkurap dengan bayi secara rutin. Tummy time tidak hanya membantu membuat bayi bergerak dengan lebih aktif, tapi juga dapat memberikan perut ‘si Kecil’ tekanan ekstra untuk mengeluarkan gas. Pastikan untuk selalu mengawasi anak ketika ia sedang melakukan tummy time.

Selain tips di atas, penting untuk memperhatikan makanan ibu jika bayi masih menyusui. Beberapa makanan tertentu yang dikonsumsi oleh ibu dapat menyebabkan bayi lebih mungkin mengalami perut kembung. Jika perut kembung pada bayi Anda terus berlanjut atau menjadi lebih buruk, konsultasikan dengan dokter anak untuk evaluasi lebih lanjut.

Demikian, itulah beberapa tips cara mengatasi perut kembung pada bayi! Semoga bermanfaat, Moms & Dads!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri