• May 28, 2024

Inilah Tips Cara Menghilangkan Kerak Di Kepala Bayi

 Inilah Tips Cara Menghilangkan Kerak Di Kepala Bayi

Inilah Tips Cara Menghilangkan Kerak Di Kepala Bayi

Kerak di kepala bayi atau cradle cap merupakan kondisi yang umum terjadi pada banyak bayi, terutama bayi baru lahir. Kondisi ini biasanya dapat hilang secara sendiri dan tidak berbahaya pada bayi. Meskipun tidak berbahaya, tentunya munculnya kerak di kepala bayi dapat memicu kekhawatiran untuk parents.

Namun, tidak perlu terlalu khawatir, Moms & Dads! Berikut ini adalah informasi seputar cradle cap dan tips cara menghilangkan kerak di kepala bayi!

Ciri-Ciri Cradle Cap

Kerak di kepala yang juga dikenal sebagai seborrheic dermatitis umumnya ditandai dengan kulit kepala bayi yang kering, bersisik, dan terkadang berkerak, dan mengelupas. Terkadang, kulit ini tampak seperti menebal, berminyak dan dapat berwarna putih atau kekuningan. Selain itu, kulit di sekitarnya juga dapat tampak merah seperti ruam. 

Cara Menghilangkan Kerak Di Kepala Bayi!

Gosok Kulit Kepala Bayi dengan Lembut

Beberapa orangtua mungkin merasa sedikit ragu untuk menyentuh kepala anak saat ia mengalami cradle cap. Namun, salah satu cara terbaik untuk menghilangkan kerak di kepala bayi adalah dengan menggosok kepalanya secara lembut. Moms & Dads dapat melakukan ini dengan membasahkan kain lembut, dan menggosok kepala ‘si Kecil’ secara lembut dalam gerakkan melingkar. Ini akan membantu mengangkat kulit kering di atas kepala anak. Hindari menggosok kepala bayi secara terlalu keras karena ini dapat merusak kulit kepalanya sehingga teriritasi.

Menghilangkan Kerak Di Kepala Bayi

Baca Juga: Parents! Inilah Tips Mengatasi Jerawat Pada Kulit Bayi!

Pilih Sampo Bayi yang Tepat

Pastikan untuk pilih dan menggunakan sampo yang tepat untuk bayi saat memandikannya. Hindari menggunakan sampo yang memiliki pewangi, dan pilih sampo yang lembut dan tepat untuk kulit sensitif bayi. Jika kerak kepala masih belum hilang dan membuat parents merasa khawatir, kami sarankan Moms & Dads untuk coba menggunakan sampo rekomendasi dokter dan dokter spesialis kulit.

Gunakan Petroleum Jelly atau Minyak Bayi

Petroleum jelly juga merupakan salah satu cara terbaik dan efektif untuk menghilangkan kerak di kepala bayi. Parents hanya perlu oleskan sedikit petroleum jelly pada kerak di kulit kepala bayi dan biarkan selama beberapa menit hingga sel-sel kulit matinya terangkat. Lalu, bersihkan kulit kepala anak dengan lembut.

Demikian, itulah tips cara menghilangkan kerak di kepala bayi! Semoga informasi ini bermanfaat, parents!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri