• May 27, 2024

Inilah Tips Mengurus Anak Tanpa Babysitter!

 Inilah Tips Mengurus Anak Tanpa Babysitter!

Inilah Tips Mengurus Anak Tanpa Babysitter!

Mengasuh anak sendiri tanpa bantuan babysitter atau nanny memang tidak mudah. Moms & Dads mungkin sering merasa terlalu sibuk untuk dapat memberikan anak cukup perhatian dan merawatnya dengan baik. Namun, bisa merawat ‘si Kecil’ secara sendiri tanpa bantuan babysitter dapat membantu parents membuat bond yang lebih kuat antara orang tua dan anak. Mengasuh anak tanpa babysitter juga membantu parents dapat mendidik anak secara langsung.

Untuk membantu Moms & Dads, berikut ini adalah beberapa tips mengurus anak tanpa babysitter!

Memahami Tahapan Perkembangan Bayi

Tips pertama untuk mengurus anak tanpa babysitter adalah dengan mempelajari dan memahami tahapan perkembangan anak dengan baik. Dengan mengetahui ini, Moms & Dads dapat lebih mengerti anak dan mengerti cara menangani tantrum atau masalah lainnya. Memahami tahapan perkembangan bayi juga dapat membantu parents menemu berbagai aktivitas yang pantas untuk dilakukan untuk membantu stimulasi anak sesuai usianya. 

Buat Jadwal & Bagi Waktu dengan Baik

Penting sekali untuk parents, terutama Moms & Dads yang bekerja, untuk dapat membagi waktu dan jadwal dengan baik. Kami sarankan parents untuk membuat jadwal kegiatan dalam sehari beserta waktu detailnya, lalu cari tahu bagaimana untuk membagi waktu dalam jadwal tersebut untuk mengurus dan atau bermain bersama anak. Dengan membagi waktu, Moms & Dads akan dapat menjalankan tugas rumah dengan baik tanpa membuat anak merasa terabaikan.

Jangan Ragu Meminta Bantuan Keluarga

Tentunya mengurus anak tidak mudah. Karena itu, salah satu tips mengurus anak tanpa babysitter adalah untuk meminta bantuan dari suami, anggota keluarga lainnya, ataupun teman terdekat jika perlu. Tidak ada salahnya untuk meminta bantuan kok, parents! Meminta bantuan dari keluarga dapat memberikan Moms & Dads waktu yang cukup untuk menyelesaikan keperluan serta kepentingan lain tanpa stres.

Mengurus Anak Tanpa Babysitter

Baca Juga: 4 Tanda Anak Siap Toilet Training Yang Perlu Diketahui!

Ajar Anak untuk Melakukan Tugas Rumah

Jika anak sudah cukup besar, Moms & Dads dapat mengajarnya untuk mulai melakukan beberapa tugas rumah secara sendiri. Cukup melibatkannya dalam beberapa tugas dan tanggung jawab ringan, seperti membantu menyiapkan meja makan, atau membersihkan mainannya secara sendiri ketika selesai main. Dengan mengajarnya untuk bertanggung jawab, Moms & Dads juga dapat merasa lebih relaks. 

Itulah 4 tips mengurus anak tanpa babysitter! Walaupun mengurus anak tanpa babysitter memerlukan lebih banyak waktu dan upaya, ini dapat memberi Moms & Dads kesempatan untuk membangun bonding yang lebih kuat dengan anak. Semoga bermanfaat ya, parents!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri