• May 29, 2024

Jangan Panik! Ini Cara Mudah Mengatasi Batuk Pilek Pada Bayi!

 Jangan Panik! Ini Cara Mudah Mengatasi Batuk Pilek Pada Bayi!

Jangan Panik! Ini Cara Mudah Mengatasi Batuk Pilek Pada Bayi!

Tentunya banyak parents merasa khawatir ketika bayi mengalami batuk dan pilek, terutama jika anak masih sangat kecil. Pada usia yang sangat muda ini, sistem imunitas bayi masih belum sempurna, sehingga membuatnya lebih rentan terpapar bakteri yang dapat menyebabkannya batuk dan pilek. Oleh karena itu, penting untuk parents tahu cara mengatasi batuk pilek pada bayi!

Memberikan Uap Hangat

Uap hangat merupakan salah satu cara terbaik untuk mengatasi batuk pilek bayi. Uap hangat tidak hanya membantu mengatasi hidung tersumbat bayi, tapi juga dapat meredakan iritasi pada tenggorokan dan hidung bayi. Parents dapat mengisi sebuah mangkuk dengan air panas dan ajak bayi untuk menghirup uap panas. Selain itu, parents juga dapat meletakkan humidifier di kamar bayi untuk membantu meningkatkan kelembapan udara di dalam kamar ‘si Kecil’.

Gunakan Alat Penyedot Ingus

Parents juga dapat menggunakan alat penyedot ingus untuk membantu mempercepat ingus keluar dari hidung sehingga hidung ‘si Kecil’ bersih. Ada berbagai alat penyedot ingus yang dapat parents coba, termasuk bulb syringe.

Beri Anak Madu

Jika anak Moms & Dads sudah di atas 1 tahun, banyak ahli dan dokter menyarankan parents untuk beri ‘si Kecil’ satu sendok teh madu setiap hari. Madu tidak hanya dapat membantu meredakan iritasi pada tenggorokan anak, namun juga memiliki antioksidan dan antimikroba yang membantu menyembuhkan batuk anak dengan lebih cepat.

Mengatasi Batuk Pilek Pada Bayi

Baca Juga: Inilah Tips Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi!

Pastikan Anak Istirahat Cukup

Terakhir, penting sekali untuk parents pastikan bahwa bayi mencukupi kebutuhan istirahatnya. Tidur merupakan faktor penting dalam penyembuhan bayi karena kurangnya istirahat dapat membuat tubuh bayi semakin lemah, sehingga lebih sulit untuk tubuhnya melawan infeksi atau penyakit. Jadi, penting untuk parents meluangkan banyak waktu untuk bayi tidur.

Itulah beberapa tips cara mudah mengatasi batuk pilek pada bayi! Semoga informasi ini bermanfaat, parents!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri