• May 29, 2024

Jangan Panik! Ini Tips Cara Mengatasi Bayi Susah Tidur Siang!

 Jangan Panik! Ini Tips Cara Mengatasi Bayi Susah Tidur Siang!

Jangan Panik! Ini Tips Cara Mengatasi Bayi Susah Tidur Siang!

Tidak jarang untuk parents mengalami kesulitan dalam menidurkan bayi saat siang hari. Hal ini bisa membuat parents merasa frustrasi dan kelelahan karena bayi yang tidak tidur siang cenderung lebih rewel dan susah ditidurkan pada malam hari. 

Namun, tidak perlu khawatir Moms & Dads! Berikut ini adalah beberapa tips cara mengatasi bayi susah tidur siang!

Ciptakan Lingkungan Tidur yang Nyaman

Salah satu alasan kenapa bayi mungkin sulit tidur siang adalah karena ia tidak merasa cukup nyaman. Karena itu, penting sekali untuk parents pastikan ruangan tidur bayi cukup nyaman untuk bayi dapat tidur dengan nyenyak. Redupkan lampu di kamar dan atur suhu kamar supaya tidak terlalu panas atau terlalu dingin untuk ‘si Kecil’. Parents juga dapat menyalakan white noise seperti menyalakan kipas atau vakum untuk menenangkan bayi dan mempermudahnya untuk tertidur.

Tetapkan Rutinitas Tidur Yang Konsisten

Rutinitas yang konsisten merupakan salah satu cara paling efektif untuk mengatasi bayi susah tidur siang. Pastikan Moms & Dads menerapkan dan mengikuti jadwal tidur yang sama setiap hari untuk ‘si Kecil’. Ini akan membantu tubuh bayi mengenali ketika sudah waktunya untuk rileks dan tidur, sehingga membuatnya lebih mudah untuk tertidur seiring waktu.

Cara Mengatasi Bayi Susah Tidur Siang

Baca Juga: Bayi Susah Tidur Siang? Ini 4 Alasan Kenapa!

Hindari Stimulasi Berlebihan Sebelum Tidur Siang

Sama seperti ketika Moms & Dads siap-siap menidurkan anak pada malam hari, ketika mendekati waktu tidur siang hindari melakukan aktivitas yang terlalu seru. Aktivitas yang terlalu menstimulasi anak seperti menonton TV atau bermain bersama dapat membuat anak merasa terlalu meriah dan senang, sehingga menjadi sulit untuk dia rileks dan tertidur. Kami sarankan parents untuk melakukan aktivitas yang lebih menenangkan ketika mendekati waktu tidur siang anak. Beberapa aktivitas yang menenangkan termasuk membacakan buku padanya atau mandi air hangat. 

Hindari Mengajak Si Kecil Bermain Ketika Terbangun

Jika ‘si Kecil’ terbangun dari tidur siangnya terlalu cepat, hindari langsung menghampiri dan mengajaknya bermain. Cobalah untuk biarkan anak sendiri untuk beberapa menit untuk mendorong ‘si Kecil’ belajar menenangkan dirinya dan kembali tidur secara sendiri. Jika anak masih tidak dapat kembali tertidur, parents bisa menghampirinya secara lembut dan tenang. 

Demikian, itulah tips cara mengatasi bayi susah tidur siang! Semoga bermanfaat, parents!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri