• May 27, 2024

Jangan Panik! Ini Tips Cara Menurunkan Demam Pada Bayi!

 Jangan Panik! Ini Tips Cara Menurunkan Demam Pada Bayi!

Jangan Panik! Ini Tips Cara Menurunkan Demam Pada Bayi!

Hampir semua orang tua tentu merasa cemas dan khawatir ketika ‘si Kecil’ demam. Namun, Mama dan Papa tidak perlu panik! Demam sendiri itu tidak terlalu bahaya loh. Demam justru menjadi pertanda bahwa badan bayi bekerja dengan baik untuk melawan infeksi.

Menurut para ahli, demam yang berlangsung selama 2-3 hari umumnya tidak menandakan kondisi serius dan tergolong normal. Namun, orang tua tentu saja masih butuh mewaspadai dan mengatasi gejalanya supaya anak dapat pulih dengan cepat.

Untuk membantu Mama dan Papa, berikut ini adalah 5 tips menurunkan demam pada bayi tanpa butuhnya pengobatan!

Kompres Dengan Air Hangat

Salah satu cara paling efektuf untuk menurunkan demam pada bayi adalah dengan memberikannya kompres hangat dengan handuk. Basahi selembar kain bersih dengan air hangat, lalu tempelkan kompres tersebut di area lipatan tubuh bayi seperti di leher dan ketiaknya. Ingat untuk selalu pakai kompres hangat dan hindari menggunakan kompres dingin ya, parents. Ini karena suhu hangat dari kompres dapat membantu memicu otak ‘si Kecil’ untuk menurunkan suhu tubuhnya secara perlahan agar tidak “kepanasan”.

Beri ASI atau Makanan Cukup

Saat bayi demam, penting sekali untuk parents pastikan bahwa ia menerima cukup cairan dan nutrisi. Jika bayi masih di bawah usia 6 bulan, pastikan Moms memberikannya ASI atau susu secukupnya. Bagi bayi yang di atas usia 6 bulan, pastikan parents memberikannya makanan yang kaya akan nutrisi untuk membantu tubuhnya melawan berbagai macam bakteri dan virus.

Memandikan Anak Dengan Air Hangat

Bayi yang sedang demam masih tetap boleh dimandikan, kok, parents. Pastikan saja untuk memandikannya dengan air hangat dan hindari air dingin. Ini karena air dingin dapat menyebabkan bayi menggigil, sehingga suhu tubuhnya semakin tinggi. Selain itu, hindari juga memandikan anak terlalu lama. Parents juga dapat membersihkan tubuh bayi tanpa memandikannya dengan membasahkan kain dengan air hangat dan lap pada tubuh bayi.

Menurunkan Demam Pada Bayi

Baca Juga: Bolehkah Membiarkan Bayi Menangis Hingga Tertidur?

Perbanyak Istirahat

Hal terbaik yang dapat Moms & Dads melakukan untuk menurunkan demam pada bayi adalah dengan membiarkannya istirahat. Bayi yang sedang demam membutuhkan istirahat yang cukup untuk memulihkan diri. Pastikan bayi Anda tidur dengan nyaman dan berikan lingkungan yang tenang dan nyaman untuk istirahatnya. Banyak tidur dapat membantu tubuh bayi fokus mengarahkan energinya untuk menyembuhkan badan hingga pulih.

Berikan Baju Yang Tipis

Ketika bayi demam, penting untuk menjaga suhu tubuhnya agar tetap stabil. Karena itu, kami sarankan parents untuk memberikan ‘si Kecil’ baju yang tipis, nyaman, dan mudah menyerap keringat. Lebih baik untuk hindari memakaikan pakaian tebal atau berlapis-lapis saat bayi demam, dan hindari membedongnya. Ini justru dapat meningkatkan suhu tubuh bayi.

Menurut para ahli, tidak jarang untuk banyak bayi mengalami demam selama 2 hingga 3 hari. Namun, jika ‘si Kecil’ tetap memiliki suhu tubuh yang tinggi setelah 3 hari, kami sarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter ya, parents!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri