• May 28, 2024

Jerawat Pada Kulit Bayi, Apakah Normal?

 Jerawat Pada Kulit Bayi, Apakah Normal?

Jerawat Pada Kulit Bayi, Apakah Normal?

Jerawat pada umumnya merupakan masalah kulit yang sering dialami oleh remaja dan dewasa. Karena itu, mungkin Moms & Dads merasa khawatir dan cemas ketika melihat jerawat muncul pada kulit bayi. Bayi kok bisa, jerawatan ya? Dan bagaimana cara menghilangkan jerawat pada kulit anak?

Parents, jangan khawatir! Yuk, simak informasi seputar jerawat pada kulit bayi, penyebabnya, dan tips cara mengatasinya!

Apakah Normal?

Jerawat pada kulit bayi merupakan hal yang normal terjadi pada banyak bayi. Menurut para ahli, setidaknya sekitar 20% bayi baru lahir memiliki jerawat neonatal atau ‘baby acne’. Jerawat biasanya dilihat pada kulit bayi sebelum ia berusia 6 bulan dan biasanya muncul di bagian pipi, hidung, dahi, dagu, dada, bahkan punggung anak. Meskipun dapat membuat parents merasa khawatir, para ahli ungkap bahwa jerawat tidak merupakan pertanda bahwa ada masalah dengan kulit anak. Pada umumnya, jerawat pada kulit bayi cenderung hilang secara sendiri seiring bertambahnya usia anak.

Penyebab Jerawat Pada Kulit Bayi

Para ahli ungkap bahwa penyebab pasti munculnya jerawat pada kulit bayi masih belum dapat dipastikan. Namun, ada beberapa hal yang mungkin dapat meningkatkan risiko bayi untuk mengalami jerawat pada kulitnya, termasuk:

Hormon

Ada kemungkinan besar bahwa hormon dari tubuh ibu masuk ke dalam plasenta saat masa akhir kehamilan, dan mempengaruhi kelenjar minyak di kulit bayi. Ini dapat menyebabkan munculnya jerawat pada kulit bayi saat mereka lahir. 

Kulit Bayi Masih Sensitif

Pasti Moms & Dads sudah tahu kalau kulit bayi itu sangat sensitif dan masih sangat rentan terhadap banyak hal. Karena itu, bisa jadi bayi mengalami jerawat pada kulitnya akibat faktor eksternal seperti debu atau udara yang terlalu dingin atau panas, sehingga membuat kulit ‘si Kecil’ teriritasi.

Reaksi terhadap Produk

Salah satu alasan munculnya jerawat pada kulit bayi mungkin karena ia mengalami reaksi terhadap produk seperti sabun, atau lotion yang sering dioleskan pada kulitnya. Pastikan untuk hindari menggunakan produk yang memiliki kandungan alkohol atau banyak pewangi agar menghindari risiko kulit bayi teriritasi.

Jerawat Pada Kulit Bayi

Baca Juga: Inilah Manfaat Mengajarkan Bahasa Isyarat Pada Bayi!

Tips Mengatasi Jerawat Pada Kulit Bayi

  • Jaga kebersihan wajah anak
  • Hindari menggunakan lotion pada wajah bayi karena dapat memperparah kondisi jerawat bayi
  • Ketika selesai memandikan bayi, hindari menggosok mukanya dengan handuk secara kasar
  • Jangan memencet jerawat bayi
  • Hindari menggunakan sabun atau produk mandi lainnya yang mengandung alkohol dan banyak pewangi

Itulah informasi seputar jerawat pada kulit bayi, penyebabnya, dan tips cara mengatasinya! Semoga bermanfaat, parents!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri