• May 28, 2024

Kapan Bayi Bisa Duduk Sendiri? Ini Jawabannya!

 Kapan Bayi Bisa Duduk Sendiri? Ini Jawabannya!

Kapan Bayi Bisa Duduk Sendiri? Ini Jawabannya!

Bagi parents baru, mungkin masih merasa sedikit kebingungan tentang tonggak perkembangan bayi seperti merangkak, duduk, berdiri, dan berjalan. “Kapan bayi bisa duduk sendiri?” Tidak jarang untuk banyak parents baru menanyakan hal ini.

Untuk membantu Moms & Dads, berikut ini adalah informasi seputar usia bayi dapat mulai duduk sendiri, dan tanda-tanda bayi sudah siap belajar duduk yang perlu parents ketahui!

Kapan Bayi Bisa Duduk Sendiri

Pada umumnya, banyak bayi akan mulai dapat duduk sekitar usia 4 hingga 7 bulan. Namun, pada usia ini otot-otot bayi masih belum cukup kuat untuk menahan tubuhnya sendiri, sehingga mereka masih membutuhkan dukungan orangtua untuk dapat duduk. Pada usia ini, bayi juga masih belum memiliki keseimbangan tubuh, ini akan menyebabkan bayi sering berayun-ayun saat belajar duduk. Banyak bayi akan baru mulai untuk sendiri tanpa bantuan atau dukungan pada usia 1 tahun.

Tanda Bayi Sudah Siap Belajar Duduk

  • Jika bayi sudah siap untuk duduk atau belajar duduk, ada beberapa tanda yang dapat Moms & Dads perhatikan. Beberapa tanda tersebut termasuk: 
  • Bayi sudah dapat mengangkat dan menopang kepalanya dengan baik saat tengkurap.
  • Bayi mampu mempertahankan posisi kepala dengan stabil tanpa bergantung pada dukungan tangan.
  • Bayi sering mengangkat badan mereka saat tengkurap, seperti sedang melakukan push-up.
  • Bayi sudah dapat merangkak.

Kapan Bayi Bisa Duduk Sendiri

Baca Juga: Usia Berapa Boleh Mulai Melatih Bayi Berjalan?

Tahapan Duduk Bayi Sesuai Usia

4 – 6 Bulan:

Pada usia ini, banyak bayi akan mulai belajar untuk duduk untuk beberapa detik. Pada tahapan ini, bayi akan masih butuh dukungan seperti bantuan parents atau menggunakan bantal sebagai penyangga.

7- 9 Bulan:

Pada usia ini, sebagian besar bayi akan mulai dapat duduk tanpa butuh bersandar. Namun, bayi masih belum mempunyai cukup keseimbangan tubuh, sehingga akan sering jatuh.

10 – 12 Bulan:

Pada usia ini, banyak bayi akan mulai dapat duduk dengan stabil tanpa butuhnya dukungan. Sebagian besar bayi juga akan belajar untuk menggunakan tangan mereka untuk menjaga keseimbangan tubuh saat duduk.

Itulah informasi lengkap seputar kapan bayi bisa duduk sendiri dan tanda-tanda bayi sudah siap untuk belajar duduk! Semoga membantu, parents!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri