• May 29, 2024

Kapan Bayi Bisa Tidur Sepanjang Malam? Ini Faktanya!

 Kapan Bayi Bisa Tidur Sepanjang Malam? Ini Faktanya!

Kapan Bayi Bisa Tidur Sepanjang Malam? Ini Faktanya!

Tidur merupakan hal yang sangat penting untuk memastikan bahwa bayi dapat tumbuh kembang secara optimal. Karena itu, penting sekali untuk parents memastikan ‘si Kecil’ mencukupi kebutuhan istirahatnya. Namun, beberapa orangtua mungkin masih merasa bingung dengan berapa jam bayi harus tidur dalam satu hari hingga kapan bayi bisa tidur sepanjang malam.

Untuk membantu Moms & Dads, berikut ini adalah informasi lengkap seputar kapan bayi bisa tidur sepanjang malam, serta tips cara mengatur jam tidur bayi.

Kapan Bayi Bisa Tidur Nyenyak Sepanjang Malam?

Kapan bayi bisa tidur sepanjang malam tergantung pada beberapa faktor, termasuk usia bayi, jadwal menyusui bayi, berat badan bayi, jadwal tidur bayi, serta kebiasaan makan keluarga. 

Bayi Baru Lahir: Para newborn atau bayi baru lahir tentunya tidak akan tidur sepanjang malam. Pada usia ini, bayi masih butuh bangun dan menyusu setiap 2 hingga 4 jam.

2-4 Bulan: Pada usia ini, beberapa bayi mulai tidur lebih lama pada malam hari, mungkin sekitar 5-8 jam. Namun, sebagian besar bayi berusia 3 bulan masih membutuhkan satu atau dua kali menyusui di malam hari.

6-12 Bulan: Pada usia ini, sebagian besar bayi bisa tidur sepanjang malam tanpa terbangun untuk menyusu. 

Kapan Bayi Bisa Tidur Sepanjang Malam

Baca Juga: Tips Cara Mengatur Pola Tidur Bayi Baru Lahir!

Tips Cara Mengatur Jam Tidur Bayi

Meskipun sebagian besar bayi sudah mulai dapat tidur nyenyak sepanjang malam mulai usia 6 bulan, beberapa bayi mungkin masih mengalami kesulitan untuk tidur akibat tidak memiliki jadwal tidur yang tepat atau konsisten. Karena itu, berikut ini adalah beberapa tips cara mengatur jam tidur bayi.

  • Mulai menyapih anak agar tidak sering menyusu di malam hari.
  • Terapkan jadwal tidur siang dan tidur malam yang konsisten.
  • Hindari terburu-buru membantu atau menenangkan bayi saat ia merengek atau menangis di malam hari.
  • Hindari mengganti popok bayi di tengah malam.
  • Hindari bermain atau melakukan aktivitas yang terlalu menyenangkan saat mendekati waktu tidur malam.
  • Buat kamar dan kasur bayi senyaman mungkin.

Demikian, itulah informasi seputar kapan bayi bisa tidur nyenyak sepanjang malam dan tips mengatur jam tidurnya. Semoga bermanfaat, parents!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri