• May 28, 2024

Kenali 5 Tanda Bayi Dehidrasi!

 Kenali 5 Tanda Bayi Dehidrasi!

Kenali 5 Tanda Bayi Dehidrasi!

Bayi seringkali tidak dapat mengungkapkan dengan baik apa yang mereka sedang rasakan. Karena itu, mungkin susah untuk parents mengetahui jika anak sakit atau mengalami masalah lain seperti dehidrasi. 

Namun, penting sekali untuk parents dapat mengenali tanda dehidrasi karena kondisi ini dapat menimbulkan masalah kesehatan lain. Karena Itu, berikut ini adalah 5 tanda bayi dehidrasi yang perlu parents waspadai!

Tidak Mengeluarkan Air Mata Saat Menangis

Dehidrasi terjadi ketika tubuh anak tidak mendapatkan cukup cairan. Karena itu, bayi yang mengalami dehidrasi akan mengeluarkan jauh lebih sedikit air mata dari biasanya atau tidak mengeluarkan air mata sama sekali saat menangis. Hal ini terjadi karena produksi air mata menurun akibat kurangnya cairan dalam tubuh anak. 

Mulut, Lidah, dan Kulit Kering

Parents juga perlu perhatikan mulut, lidah, dan kulit anak. Ketika bayi mengalami dehidrasi, mulut, lidah, dan kulit mereka akan menjadi kering. Bibir bayi juga mungkin akan terlihat pecah-pecah atau terasa kasar ketika disentuh. Selain itu, tenggorokan bayi juga akan lebih kering daripada biasanya akibat kurangnya produksi air liur.

Popok Basah Berkurang

Bayi yang mengalami dehidrasi juga akan produksi jauh lebih sedikit popok basah daripada biasanya. Pada umumnya, bayi butuh menghasilkan setidaknya satu popok basah setiap enam hingga delapan jam. Jika tidak, ini bisa menjadi salah satu tanda bayi dehidrasi.

Tanda Bayi Dehidrasi

Baca Juga: Waspada! Ini 5 Tanda Bayi Sakit!

Bayi Lebih Rewel dari Biasanya

Dehidrasi dapat mengakibatkan bayi menjadi jauh lebih rewel dari biasanya. Bayi yang mengalami dehidrasi akan sulit untuk dihibur atau ditenangkan dan akan sering terlihat tidak nyaman.

Cekung di Beberapa Area Tubuh Bayi

Terakhir, salah satu tanda bayi dehidrasi adalah jika beberapa area tubuh anak, seperti mata, pipi, atau tengkuk tampak cekung. Jika parents lihat cekungan pada tubuh anak, kami sarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Karena ini dapat menandakan bahwa dehidrasi anak semakin memburuk.

Itulah 5 tanda bayi dehidrasi yang perlu parents waspadai! Penting untuk segera mengatasi dehidrasi pada bayi, karena kondisi ini dapat mempunyai dampak negatif pada kesehatan dan perkembangan anak ya, parents!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri