• May 27, 2024

Kenali Pola Tidur Yang Normal Untuk Bayi Baru Lahir!

 Kenali Pola Tidur Yang Normal Untuk Bayi Baru Lahir!

Kenali Pola Tidur Yang Normal Untuk Bayi Baru Lahir!

Jam tidur bayi tentu berbeda dengan orang dewasa, terutama mereka yang baru lahir. Namun, cukup tidur dan istirahat merupakan hal yang sangat penting untuk mendorong anak bertumbuh dan berkembang secara optimal. Karena itu, penting sekali untuk parents perhatikan dan merawat jam tidur bayi baru lahir supaya ia dapat cukup tidur setiap hari.

Yuk, parents! Simak semua yang perlu diketahui seputar pola tidur yang normal untuk bayi baru lahir!

Jam Tidur Bayi Baru Lahir Yang Normal

Pada umumnya, bayi baru lahir biasanya akan membutuhkan sekitar 16 hingga 18 jam sehari untuk tidur. Durasi tidur ini akan berkurang seiring pertambahan usia anak. Pada usia empat minggu, kebutuhan tidur bayi akan menjadi sekitar 14 jam tidur dalam sehari. Namun, penting untuk diingat bahwa bayi baru lahir masih tidak memiliki jadwal tidur yang teratur. Karena itu, sangat sulit untuk banyak parents memprediksi kapan bayi akan tidur atau bangun. Menurut para ahli, bayi baru lahir juga biasanya akan hanya tidur dalam waktu singkat. Siklus tidur bayi baru lahir biasanya berkisar antara 30 menit hingga 4 jam.

Bayi Baru Lahir Mudah Terbangun

Bayi baru lahir juga belum dapat menerapkan siklus tidur aktif. Karena itu, bayi baru lahir sangat mudah terbangun dari tidur siang maupun tidur malam. Suara atau gerakan ringan pun dapat mengakibatkan bayi yang tadinya tidur lelap terbangun. Karena itu, Moms & Dads butuh pastikan bahwa bayi tertidur di ruangan yang diam dan nyaman, supaya bayi tidak mudah terbangun.

Pola Tidur Bayi Baru Lahir

Baca Juga: Wajib Tahu! Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Dengan Aman!

Bayi Baru Lahir Tidak Boleh Tidur Terlalu Lama

Beberapa orang tua mungkin memikir bahwa lebih lama bayi tidur, lebih baik untuknya. Namun, hal ini tidak selalu benar ya, parents! Tips berikut untuk mengatur pola tidur bayi baru lahir adalah untuk hindari membiarkan bayi baru lahir untuk tidur terlalu lama. Para ahli menyarankan Moms & Dads untuk membangunkan bayi baru lahir setiap 2 hingga 3 jam untuk makan, bahkan di malam hari.

Itulah informasi seputar pola tidur yang normal untuk bayi baru lahir! Jika Moms & Dads masih merasa khawatir atau bingung tentang pola tidur ‘si Kecil’, kami sarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter, ya!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri