• May 28, 2024

Kenali Tahap Tumbuh Kembang Anak Yang Ideal Sesuai Usia!

 Kenali Tahap Tumbuh Kembang Anak Yang Ideal Sesuai Usia!

Kenali Tahap Tumbuh Kembang Anak Yang Ideal Sesuai Usia!

Seiring bertambahnya usia seorang anak, pertumbuhan dan perkembangan mereka tentu akan ikut bertambah. Sangat penting untuk parents mengamati anak dan memastikan bahwa ‘si Kecil’ tumbuh kembang secara optimal.

Karena itu, berikut ini adalah tahapan tumbuh kembang anak yang ideal sesuai usia!

0 – 3 bulan:

Perkembangan fisik:

Pada usia ini, bayi akan mulai belajar untuk mengangkat kepala secara sendiri saat terlentang. Mereka juga akan dapat menggerakkan lengan dan kaki mereka, dan mulai meraih objek.

Perkembangan kognitif:

Bayi mulai dapat memperhatikan dan mengenali wajah orang, dan menunjukkan minat pada mainan dan lingkungan sekitar.

3 – 6 bulan:

Perkembangan fisik:

Pada usia ini, tumbuh kembang anak yang ideal termasuk dapatnya berguling dari posisi tengkurap ke posisi terlentang. Bayi juga akan mulai menggenggam objek dengan erat, dan dapat duduk dengan bantuan.

Perkembangan kognitif:

Bayi mulai mengikuti gerakan objek dengan mata, dan mulai mengeksplorasi benda dengan memasukkannya ke mulut. Bayi usia ini juga akan mulai dapat mengenali namanya sendiri dan merespons ketika dipanggil.

Tumbuh Kembang Anak Yang Ideal

Baca Juga: Parents! Ini 4 Alasan Berat Badan Bayi Susah Naik!

6 – 9 bulan:

Perkembangan fisik:

Anak akan mulai dapat merangkak dan duduk tanpa bantuan orang tua. Mereka juga dapat mulai belajar berdiri dengan bantuan.

Perkembangan kognitif:

Bayi akan mulai dapat meniru suara dan gerakan. Mereka juga dapat mulai mengucapkan kombinasi suara vokal seperti “ah,” “oh,” dan mungkin mulai mengucapkan “mama” atau “papa.”

9 – 12 bulan:

Perkembangan fisik:

Pada usia ini, anak dapat mulai berjalan dengan berpegangan tangan atau menggunakan benda di sekelilingnya. Anak juga akan dapat mulai menunjuk dan mengambil benda.

Perkembangan kognitif:

Bayi akan mulai dapat melambaikan tangan atau menggeleng kepala ketika menolak sesuatu. Mereka juga akan mulai memukul atau melempar sesuatu untuk pelajari apa yang terjadi. Bayi juga akan mulai memahami kata sederhana, menunjukkan minat pada buku, dan menggunakan jari untuk menunjuk objek kecil.

1 – 2 tahun:

Perkembangan fisik:

Anak akan dapat mulai berjalan tanpa bantuan. Mereka juga akan dapat memegang pensil dan makan sendiri, serta melompat ataupun berlari.

Perkembangan kognitif:

Anak mulai mengatakan kata-kata sederhana, mengenali gambar dan objek. Mereka juga akan mengerti perintah dasar seperti “stop” atau “duduk.”

2 – 3 tahun:

Perkembangan fisik:

Pada usia ini, anak akan menjadi jauh lebih lincah. Mereka akan dapat meloncat dan berlari lebih baik, dan akan dapat melempar dan menendang bola. Anak juga dapat menggunakan pisau dan garpu dengan baik.

Perkembangan kognitif:

Anak akan mulai menggunakan kalimat yang lebih kompleks. Mereka juga akan mengenali warna dan bentuk, serta mulai sering bertanya “itu apa” dan “kenapa.” Pada usia ini, anak juga akan dapat mengikuti perintah yang lebih kompleks, seperti “ambil piring itu, dan berikan ke Mama.” Mereka juga akan menunjukkan minat pada permainan imajinatif.

Demikian, itulah beberapa tahap tumbuh kembang anak yang ideal sesuai usia! Penting bagi orang tua untuk mengingat bahwa setiap anak berkembang dengan kecepatan yang berbeda. Jadi, tidak perlu terlalu khawatir jika anak Mom & Dad membutuhkan lebih banyak waktu untuk mencapai beberapa milestones tersebut. 

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri