• May 27, 2024

Manfaat ASI Eksklusif Bagi Bayi 0-6 Bulan!

 Manfaat ASI Eksklusif Bagi Bayi 0-6 Bulan!

Manfaat ASI Eksklusif Bagi Bayi 0-6 Bulan!

Parents pasti sudah tahu bahwa penting sekali untuk beri bayi Air Susu Ibu (ASI) selama 6 bulan pertama. Memberi bayi ASI eksklusif merupakan hal yang sangat penting dan tidak bisa digantikan dengan susu formula. Yuk, parents! Kenali beberapa manfaat ASI eksklusif bagi bayi di artikel ini!

Memperkuat Sistem Imun Bayi

ASI mengandung antibodi, enzim, dan sel darah putih yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh bayi. Hal ini membantu melindungi tubuh bayi sehingga tidak mudah untuk ia mengalami infeksi dan penyakit. Beberapa penelitian juga menemukan bahwa bayi yang diberi ASI eksklusif memiliki risiko lebih rendah terkena diare, infeksi saluran pernapasan, alergi, dan penyakit lainnya.

Membantu Perkembangan Otak dan Fisik Bayi

Berikut, salah satu manfaat ASI eksklusif bagi bayi adalah membantu perkembangan otak dan fisiknya. ASI mengandung banyak nutrisi termasuk berbagai protein yang mendukung pertumbuhan fisik bayi, termasuk perkembangan tulang dan otot ‘si Kecil’. Karena itu, penting sekali untuk pastikan bahwa bayi menerima cukup ASI selama 6 bulan pertama.

Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Bayi

ASI eksklusif juga membantu memenuhi kebutuhan nutrisi bayi. ASI dapat mencukupi semua kebutuhan energi dan zat gizi yang diperlukan bayi selama awal kehidupannya. ASI juga juga memiliki kadar leptin yang tinggi sehingga mudah membantu bayi mencapai berat badan idealnya.

Manfaat ASI Eksklusif

Baca Juga: Bayi Tidak Mau Minum Susu Dari Dot Atau Botol? Ini 5 Alasan Kenapa!

Demikian, itulah informasi seputar manfaat ASI eksklusif bagi bayi yang perlu parents ketahui! Dengan mencukupi kebutuhan nutrisi bayi selama 6 bulan pertama dengan ASI, Moms & Dads dapat membantu ‘si Kecil’ tumbuh kembang secara optimal!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri