• May 28, 2024

Manfaat Dan Bahaya Empeng Bayi Yang Perlu Parents Ketahui!

 Manfaat Dan Bahaya Empeng Bayi Yang Perlu Parents Ketahui!

Manfaat Dan Bahaya Empeng Bayi Yang Perlu Parents Ketahui!

Penggunaan empeng untuk bayi sejak dulu menjadi perbincangan yang besar di kalangan orangtua. Meskipun diketahui mempunyai beberapa manfaat untuk anak, banyak yang menyatakan bahwa empeng memiliki lebih banyak kekurangan dan risiko untuk bayi.

Untuk bantu Moms & Dads mempertimbangkan jika ingin memberi ‘si Kecil’ empeng, yuk kita pelajari manfaat dan bahaya penggunaan empeng bayi.

Manfaat Menggunakan Empeng

Menenangkan Bayi

Salah satu manfaat utama empeng adalah kemampuannya untuk menenangkan bayi yang rewel atau cemas. Pada umumnya, banyak bayi memiliki refleks untuk menghisap untuk meredakan stres dan rasa cemas. Karena itu, empeng tidak hanya dapat membantu bayi merasa lebih tenang, tapi juga membantunya tertidur dengan lebih mudah.

Mengurangi Risiko SIDS

Beberapa penelitian juga telah menemukan bahwa penggunaan empeng bayi saat tidur dapat mengurangi risiko anak mengalami sindrom kematian bayi mendadak (SIDS). Selain itu, menggunakan empeng juga mengurangi kemungkinan ‘si Kecil’ berguling ke posisi tengkurap saat tidur, sehingga mengurangi risikonya mengalami kesulitan untuk bernafas atau terjadinya GERD.

Menggantikan Isapan Jari

Berikut, jika bayi cenderung mengisap jari, empeng dapat menjadi alternatif yang baik. Empeng dapat memuaskan kebutuhan anak untuk menghisap, namun dengan cara yang lebih mudah untuk dikontrol. Selain itu, jauh lebih mudah untuk menyapih anak dari menggunakan empeng daripada menghisap jari.

Empeng Bayi

Baca Juga: Inilah Manfaat Mengajarkan Bahasa Isyarat Pada Bayi!

Bahaya Menggunakan Empeng

Gangguan Pada Menyusui

Terlalu sering menggunakan empeng dapat mengganggu proses menyusui, serta mengganggu produksi ASI Moms. Ini karena bayi yang terlalu sering menggunakan empeng seringkali menjadi kurang nafsu makan.

Gangguan Perkembangan Gigi

Terlalu sering menggunakan empeng juga dapat mempengaruhi pertumbuhan gigi bayi. Ini dapat menyebabkan gigi anak tumbuh secara tidak sejajar atau tidak tumbuh dengan normal. 

Risiko Infeksi Telinga

Beberapa penelitian juga telah menemukan bahwa sering menggunakan empeng dapat meningkatkan risiko anak mengalami infeksi telinga bagian tengah atau ‘otitis media’. Ini terjadi karena sering menghisap atau menelan dapat menyebabkan perubahan tekanan di dalam telinga ‘si Kecil’.

Itulah beberapa manfaat dan bahaya empeng untuk bayi yang perlu parents ketahui! Semoga bermanfaat, Moms & Dads!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri