• May 29, 2024

Manfaat Tidur Siang untuk Anak yang Wajib Parents Ketahui

 Manfaat Tidur Siang untuk Anak yang Wajib Parents Ketahui

Manfaat Tidur Siang untuk Anak yang Wajib Parents Ketahui

Tentunya semua orang tua tahu pentingnya mencukupi kebutuhan istirahat anak agar ia dapat tumbuh kembang secara optimal. Meskipun begitu, beberapa orangtua masih tidak mengenal pentingnya untuk anak tidak hanya tidur malam, tapi juga tidur siang setiap hari. Yuk, parents! Kenali beberapa manfaat tidur siang untuk anak balita dan bayi!

Mengoptimalkan Perkembangan Kognitif Anak

Tidur siang setiap hari memiliki dampak positif pada perkembangan kognitif. Ini sangat penting bagi bayi dan anak balita, yang masih berada di masa emas perkembangannya. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa anak yang tidur siang secara rutin cenderung memiliki kemampuan untuk konsentrasi lebih baik, memiliki daya ingat yang lebih baik, memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi, dan dapat mengelola emosi mereka dengan lebih efektif.

Mempermudah Anak Tidur di Malam Hari

Salah satu manfaat tidur siang untuk anak, terutama anak yang di bawah usia 3 tahun adalah mempermudah mereka untuk tidur dengan lebih nyenyak di malam hari. Beberapa ahli menyatakan bahwa bayi yang tidak tidur siang cenderung merasa terlalu lelah, atau overtired. Ini akan membuat mereka rewel dan menangis, hingga susah tertidur atau ditenangkan. Karena itu, penting sekali untuk parents meluangkan waktu untuk bayi dan anak balita tidur siang agar mereka dapat mudah tertidur di malam hari.

Mendukung Tumbuh Kembang Anak

Tidur siang juga memiliki manfaat bagi kesehatan fisik dan tumbuh kembang anak. Saat tidur siang, tubuh anak memiliki waktu untuk memperbaiki dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu, tidur siang juga dapat mempengaruhi nafsu makan anak, sehingga anak yang tidur siang secara rutin cenderung memiliki pola makan yang lebih teratur dan seimbang. Hal ini membantu mengurangi risiko anak obesitas atau kekurangan nutrisi.

Manfaat Tidur Siang untuk Anak

Baca Juga: Bayi Susah Tidur Siang? Ini 4 Alasan Kenapa!

Mengurangi Stres

Tidur siang juga memiliki dampak positif pada mood anak dan meredakan stres mereka. Ini karena saat dapat cukup tidur, tubuh anak menghasilkan hormon endorfin yang membantu meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres. Selain membantu anak merasa lebih tenang dan senang sepanjang hari, tidur siang secara rutin juga akan membantu mengurangi risiko anak menjadi rewel atau tantrum.

Itulah beberapa manfaat tidur siang untuk anak. Dengan memberi ‘si Kecil’ cukup waktu untuk tidur siang setiap hari, parents dapat membantu mereka tumbuh dan kembang dengan baik. 

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri