• May 28, 2024

Mengajarkan Bayi Bahasa Isyarat Bisa Menyebabkan Speech Delay? Simak Faktanya!

 Mengajarkan Bayi Bahasa Isyarat Bisa Menyebabkan Speech Delay? Simak Faktanya!

Mengajarkan Bayi Bahasa Isyarat Bisa Menyebabkan Speech Delay? Simak Faktanya!

Semua parents tentunya menanti momen ketika ‘si Kecil’ dapat mengucap kata pertama mereka dan mulai berkomunikasi dengan baik. Dengan dapat berkomunikasi, Moms & Dads tidak perlu khawatir dan stres dengan menebak apa yang bayi ingin atau butuh. Namun, parents tahu tidak kalau bahasa isyarat merupakan cara efektif untuk dapat berkomunikasi dengan anak sebelum ia dapat berbicara?

Yuk, parents! Simak informasi seputar mengajarkan bayi bahasa isyarat di artikel ini!

Mengajarkan Bayi Bahasa Isyarat

Mengajarkan bayi bahasa isyarat merupakan salah satu cara yang semakin populer dalam komunikasi dengan bayi sebelum mereka mampu berbicara secara verbal. Banyak bayi mampu mengerti dan imitasi gerakkan tubuh dengan baik. Karena itu, mudah untuk bayi belajar menggunakan gerakan tangan untuk menyampaikan apa yang mereka inginkan pada Moms & Dads. Hal ini sudah sering dipakai, terutama dengan anak yang berkebutuhan khusus seperti anak autis non-verbal. Namun, seiring waktu lebih banyak orang tua mulai menggunakan teknik ini untuk dapat berkomunikasi dengan ‘si Kecil’ secara efektif. Menggunakan bahasa isyarat, parents dapat mengerti jika bayi ingin menyusu, merasa lapar, kenyang, atau mengantuk.

Manfaat Mengajarkan Bahasa Isyarat pada Bayi

Ada banyak penelitian yang telah menunjukkan keuntungan dari mengajarkan bayi bahasa isyarat. Beberapa manfaatnya antara lain termasuk:

Berkomunikasi Sejak Dini: Dengan mengajarkan bahasa isyarat pada bayi, parents dapat berkomunikasi dengan ‘si Kecil’ dengan baik dari usia muda. Bayi dapat mengungkapkan kebutuhan dan keinginan mereka sebelum mereka dapat mengembangkan keterampilan bicara.

Pengembangan Kognitif: Penggunaan bahasa isyarat dapat meningkatkan perkembangan kognitif bayi. Selain membantu meningkatkan memori anak, belajar bahasa isyarat juga membantu anak meningkatkan kemampuan motorik halus mereka.

Memperkuat Hubungan Dengan Bayi: Mengajarkan bahasa isyarat pada bayi memungkinkan orang tua untuk berkomunikasi secara lebih efektif dengan mereka. Ini dapat meningkatkan ikatan emosional antara orang tua dan bayi serta membantu bayi merasa seperti mereka diperhatikan,didengar, dan dipahami. Ini juga mengurangi rasa kesal dan frustrasi antara parents dan bayi.

Mengajarkan Bayi Bahasa Isyarat

Baca Juga: 8 Bahasa Isyarat Bayi yang Perlu Orangtua Ketahui

Apakah Bisa Menyebabkan Keterlambatan Bicara Pada Bayi?

Banyak penelitian telah menemukan bahwa mengajarkan bayi bahasa isyarat tidak menyebabkan keterlambatan bicara. Faktanya, mengajarkan bayi untuk menggunakan bahasa isyarat justru dapat mengembangkan keterampilan bicara lebih awal karena mereka belajar untuk berkomunikasi dengan cara yang berbeda. Beberapa orangtua juga ungkap pengalaman mereka dengan menggunakan bahasa isyarat dengan anak mereka. Menurut para orangtua yang telah mengajarkan bayi bahasa isyarat, anak mereka menjadi lebih tertarik belajar bicara setelah belajar bahasa isyarat. Hal ini terjadi karena anak sudah mengerti rasanya untuk dapat berkomunikasi dan dimengerti oleh orang tua, karena itu mereka merasa senang untuk dapat belajar berkomunikasi dengan cara yang berbeda. Parents yang telah mengajarkan bayi mereka bahasa isyarat juga ungkap kalau lebih mudah untuk mengajarkan anak mereka bicara karena mereka dapat menangkap dan mengingat kata-kata dengan lebih mudah.

Demikian, itulah informasi seputar mengajarkan bayi bahasa isyarat. Semoga membantu, parents!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri