• May 27, 2024

Mengenal White Noise dan Manfaatnya untuk Bayi

 Mengenal White Noise dan Manfaatnya untuk Bayi

Mengenal White Noise dan Manfaatnya untuk Bayi

Menidurkan bayi tentunya merupakan hal yang susah bagi banyak parents, terutama orangtua baru. Tidak jarang bayi rewel dan menangis ketika waktu tidur, sehingga menjadi sulit untuk parents menidurkannya. Selain itu, sering juga untuk anak terbangun di tengah malam, serta sulit untuk tidur kembali.

Untuk mengatasi masalah ini, banyak ahli dan dokter anak menyarankan parents untuk mulai menggunakan white noise. Namun, apa itu white noise? Dan apa manfaatnya untuk bayi? Yuk, parents! Simak informasi lengkapnya di sini!

Apa Itu White Noise

White noise merupakan suara yang dapat menutupi suara lain yang mungkin terjadi secara alami di lingkungan. Meskipun mungkin terdengar monoton, white noise dapat membuat berbagai orang merasa tenang dan nyaman. Beberapa contoh white noise yang sering dipakai orang tua untuk menidurkan bayi mereka termasuk suara kipas, suara mesin cuci, suara vakum, atau memainkan suara ombak.

Manfaat White Noise Untuk Bayi

Mengingatkan Pada Suasana Rahim

Salah satu alasan kenapa white noise membantu menenangkan dan menidurkan bayi adalah karena mengingatkan mereka pada suara yang ia sering dengarkan selama di dalam rahim. Ini termasuk suara seperti detak jantung ibu dan aliran darah. Karena itu, mendengarkan white noise dapat membantu bayi merasa nyaman dan tenang, sehingga membantu mereka tidur dengan cepat.

White Noise Bayi

Baca Juga: Inilah Tips Cara Menghilangkan Kerak Di Kepala Bayi

Membantu Bayi Tidur Lebih Nyenyak

Beberapa penelitian juga menemukan bahwa menyalakan white noise dapat membantu bayi tidur lebih nyenyak. Selain dapat menenangkan dan membuat bayi merasa nyaman, white noise juga dapat menutupi suara-suara yang mengganggunya seperti suara mobil lewat atau keributan rumah tangga.

Mengatasi Kolik

Banyak parents juga telah ungkap bahwa bayi mereka yang mengalami kolik dapat ditenangkan dan ditidurkan dengan menyalakan white noise. Selain menenangkan mereka, white noise juga membuat mereka merasa nyaman, sehingga tidak rewel dan menangis seperti biasanya.

Demikian itulah informasi seputar white noise dan manfaatnya untuk bayi! Semoga informasi tersebut bermanfaat, parents!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri