• May 27, 2024

Mengenali Breath Holding Spell Pada Bayi

 Mengenali Breath Holding Spell Pada Bayi

Mengenali Breath Holding Spell Pada Bayi

Tentunya banyak parents merasa khawatir jika bayi mereka rewel dan menangis tanpa henti. Namun bagi beberapa bayi, mereka tidak hanya menangis terus-menerus tapi juga dapat tampak berhenti bernapas, sehingga kulitnya berubah menjadi pucat, dan kehilangan kesadaran sementara.

Kondisi ini seringkali membuat parents merasa takut dan khawatir, namun tidak perlu khawatir! Ini merupakan kondisi yang disebut sebagai Breath Holding Spell (BHS) dan tidak merupakan kondisi yang terlalu serius. Yuk, Moms & Dads, kenali info lengkap mengenai Breath Holding Spell pada bayi di artikel ini!

Apa Itu Breath Holding Spell?

Breath Holding Spell merupakan sebuah kondisi ketika bayi memiliki refleks untuk menahan napas mereka saat menangis. Hal ini pada umumnya berlangsung kurang dari satu menit tapi merupakan refleks yang tidak dapat dikontrol oleh anak. Hal ini biasanya terjadi sebagai respons terhadap perasaan frustrasi, kemarahan, atau rasa sakit yang mereka alami. Breath Holding Spell juga dapat menyebabkan bayi kehilangan kesadaran untuk waktu yang singkat. Pada umumnya, kondisi ini bisa terjadi pada bayi antara usia 6 bulan hingga 6 tahun dan meskipun terlihat menakutkan, Breath Holding Spell sebenarnya tidak merupakan kondisi medis yang serius.

Gejala Breath Holding Spell

Gejala Breath Holding Spell dapat bervariasi antara bayi satu dengan yang lainnya. Namun, beberapa gejala yang umum terjadi pada bayi yang mengalami Breath Holding Spell termasuk:

  • Biasanya berlangsung kurang dari satu menit
  • Perubahan warna kulit menjadi pucat
  • Bayi terlihat kaku dan kaku ketika mengalami kejang-kejang kecil
  • Perubahan warna bibir menjadi biru
  • Bayi kehilangan kesadaran untuk waktu yang singkat

Breath Holding Spell

Baca Juga: Parents Waspada! Inilah 4 Tanda Bayi Kekurangan ASI!

Tips Mengatasinya

Pada umumnya, tidak ada obat untuk menyembuhkan kondisi ini, namun ada beberapa hal yang dapat parents lakukan jika bayi mengalami Breath Holding Spell:

Lindungi Kepala Bayi: Pastikan bayi tidak terluka jika ia hilang kesadaran

Letakkan Handuk Dingin Di Kepala Bayi: Ini dapat membantu menenangkan bayi ketika ia sadar kembali

Tetap Tenang: Penting sekali untuk parents tetap tenang saat bayi mengalami Breath Holding Spell.

Demikian, itulah informasi seputar Breath Holding Spell pada bayi! Jika Moms & Dads masih merasa khawatir tentang kondisi bayi, kami sarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter ya, Moms & Dads.

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri