• May 28, 2024

Moms, Inilah 4 Posisi Menyusui Yang Benar

 Moms, Inilah 4 Posisi Menyusui Yang Benar

Moms, Inilah 4 Posisi Menyusui Yang Benar

Ketika memberikan ASI kepada bayi, memilih posisi menyusui yang tepat sangat penting tidak hanya untuk kenyamanan ibu dan bayi, tapi juga untuk memastikan bahwa ‘si Kecil’ dapat konsumsi cukup ASI. 

Namun, beberapa orangtua mungkin merasa bingung dengan cara untuk menerapkan posisi menyusui yang tepat. Untuk membantu Moms, berikut ini adalah 4 posisi menyusui yang benar dan nyaman!

Posisi Bersandar (Laid-Back Breastfeeding)

Pada umumnya, posisi ini merupakan posisi pertama yang dicoba oleh banyak ibu. Moms hanya butuh berbaring ke belakang dan menyandarkan tubuh ke tempat tidur atau sofa dan meletakkan ‘si Kecil’ di bawah dada dengan posisi kepala sejajar dengan dada. Ini merupakan posisi yang nyaman dan santai bagi banyak Moms dan juga merupakan posisi yang terbaik untuk para ibu yang memiliki payudara kecil.

Cradle Hold

Posisi menyusui ini merupakan posisi yang sering dilakukan Moms ketika tidak ada tempat untuk bersandar atau berbaring. Dalam posisi cradle hold, Moms butuh menekuk salah satu tangan untuk menopang tubuh bayi dan memastikan bahwa posisi kepala, dan leher terjaga dengan baik. Namun, penting untuk diketahui bahwa posisi menyusui ini tidak disarankan untuk moms yang telah melahirkan dengan metode caesar. Ini karena posisi menyusui ini dapat menyebabkan nyeri pada luka operasi.

Berbaring di Sisi

Dalam posisi ini, Moms hanya butuh berbaring dalam posisi miring di tempat tidur dengan bayi berbaring menghadap ibu. Pastikan mulut bayi menghadap payudara Moms dan tidak terpelintir. Posisi ini sangat nyaman bagi ibu yang ingin berbaring saat menyusui atau saat menyusui di malam hari.

Posisi Menyusui

Baca Juga: Tips Cara Memberi ASI Eksklusif Dengan Tepat!

Posisi Menyangga Kepala (Football Hold)

Terakhir, posisi football hold ini memungkinkan ibu untuk menopang bayi dengan baik sambil melihat wajahnya. Posisi ini merupakan posisi yang paling bagus untuk para Moms yang telah melahirkan dengan operasi caesar karena menghindari bayi menempel pada perut Moms. 

Itulah 4 posisi menyusui yang tepat dan nyaman untuk Moms! Semoga membantu! Penting untuk diingat bahwa setiap ibu dan bayi memiliki preferensi dan kebutuhan yang berbeda, jadi cobalah berbagai posisi untuk menemukan posisi yang mana paling nyaman bagi Moms!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri