• May 29, 2024

Moms! Inilah 5 Penyebab ASI Seret Dan Cara Mengatasinya!

 Moms! Inilah 5 Penyebab ASI Seret Dan Cara Mengatasinya!

Moms! Inilah 5 Penyebab ASI Seret Dan Cara Mengatasinya!

Bagi setiap ibu menyusui, ASI yang tiba-tiba berkurang pasti menimbulkan kekhawatiran tentang asupan nutrisi ‘Si kecil.’ Namun, tidak perlu panik moms! ASI seret merupakan masalah yang umum terjadi pada banyak ibu menyusui.

Untuk membantu moms, berikut ini adalah 5 penyebab ASI seret dan cara mengatasinya!

Stres & Kelelahan

Salah satu penyebab ASI seret adalah stres dan kelelahan. Karena itu, penting sekali untuk para moms beristirahat secukupnya agar badan tetap sehat. Dengan banyak istirahat, badan akan mempunyai cukup energi untuk membuat hormon oksitosin yang memiliki peran untuk memproduksi ASI. Kami sarankan moms untuk meminta bantuan dan dukungan dari keluarga terdekat jika mulai merasa lelah dan stres.

Terlalu Banyak Kafein

Konsumsi terlalu banyak minuman atau makanan berkafein juga dapat mengakibatkan ASI berkurang loh! Ini termasuk kopi, teh, cokelat, hingga minuman berenergi. Jika dikonsumsi dalam jumlah besar, kafein dapat membuat tubuh moms dehidrasi sehingga menurunkan produksi ASI. Karena itu, para ahli menyarankan ibu menyusui untuk tidak mengonsumsi lebih dari 300mg kafein –sekitar 3 cangkir kopi dalam sehari.

Tidak Cukup Menyusui / Memompa ASI

Tubuh ibu menyusui membuat jauh lebih banyak ASI saat payudara kosong. Karena ini, jika tidak sering menyusui atau memompa ASI, tubuh moms akan mengalami penurunan produksi ASI sehingga menjadi serat ketika ingin menyusui. Kami sarankan moms untuk sering memompakan ASI, terutama di malam hari dan hindari menunda-nunda waktu menyusui agar ASI moms tidak serat, ya!

Pola Makan

Berikut, pola makan juga memiliki dampak yang besar terhadap produksi ASI, loh! Kami sarankan ibu menyusui untuk menghindari makanan yang menyebabkan ASI berkurang, termasuk makanan laut yang mengandung merkuri yang tinggi, alkohol, peppermint, dan lain. Untuk membantu moms menambah ASI, kami sarankan mengonsumsi makanan penambah ASI seperti oatmeal, almond, sayuran berdaun hijau, dan bawang putih.

Penyebab ASI Seret

Baca Juga: 5 Makanan Penambah Asi Yang Perlu Diketahui Mama!

Mengonsumsi Obat Tertentu

Terakhir, mengonsumsi obat tertentu seperti beberapa obat alergi dan flu dapat mengakibatkan badan menurunkan produksi ASI. Selain itu, kontrasepsi hormonal baik itu pil, patch, atau suntikan juga dapat menjadi pemicu menurunnya produksi ASI. Karena itu, sangat penting untuk selalu konsultasi dengan dokter sebelum konsumsi obat apapun.

Itulah penjelasan seputar 5 penyebab ASI seret dan cara moms dapat mengatasinya! Semoga membantu! Jika moms masih mengalami permasalahan ASI yang sedikit, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter, ya!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri