• May 28, 2024

Moms! Inilah Tips Cara Memperbanyak ASI!

 Moms! Inilah Tips Cara Memperbanyak ASI!

Moms! Inilah Tips Cara Memperbanyak ASI!

Untuk enam bulan pertama sejak kelahirannya, penting sekali untuk bayi mencukupi kebutuhan nutrisinya melalui ASI eksklusif. Namun sayangnya, banyak Moms mengalami kecemasan mengenai kecukupan produksi ASI. 

Tapi jangan khawatir, moms! Berikut ini adalah 4 tips cara memperbanyak ASI secara alami!

Lebih Sering Menyusui

Salah satu cara paling efektif untuk memperbanyak ASI adalah dengan lebih sering menyusui bayi. Saat bayi sering menghisap puting, ini akan mengirim sinyal pada tubuh Moms untuk memproduksi lebih banyak ASI. Karena itu, para ahli menyarankan Moms untuk menyusui bayi setidaknya 8 kali dalam waktu 24 jam. Semakin banyak dan semakin sering menyusui, semakin banyak ASI yang akan dihasilkan payudara Moms!

Konsumsi Makanan yang Memperbanyak ASI

Asupan makanan yang sehat dan bergizi berperan penting dalam memperbanyak produksi ASI. Beberapa makanan bahkan dapat membantu meningkatkan produksi ASI, termasuk oatmeal, biji-bijian, sayuran hijau, bawang putih, kurma, dan lain-lain. Ini karena makanan tersebut mengandung hormon galaktagog atau prolaktin yang mendorong badan wanita untuk meningkatkan suplai ASI.

Skin to Skin

Salah satu cara memperbanyak ASI adalah dengan melakukan skin-to-skin dengan anak. Ketika ‘si Kecil’ menyusu, coba agar kulit Moms bertemu dengan kulit bayi. Ini dapat merangsang peningkatan hormon oksitosin dalam tubuh Moms yang akan membantu meningkatkan produksi ASI.

Cara Memperbanyak ASI

Baca Juga: 5 Makanan Penambah Asi Yang Perlu Diketahui Mama!

Menyusui dari Kedua Sisi Payudara

Ketika menyusui ‘si Kecil,’ pastikan Moms menawarkan bayi kedua sisi payudara. Stimulasi saat kedua payudara disusui dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Selain menawarkan anak kedua payudara saat menyusu, pastikan Moms juga memompa ASI dari kedua sisi payudara. 

Istirahat yang Cukup

Kurangnya istirahat, kelelahan, dan stres dapat mempengaruhi produksi ASI. Karena itu, penting sekali untuk Moms mencukupi kebutuhan tidur dan istirahat agar badan dapat produksi ASI secara optimal. Jika Moms merasa stres atau lelah, jangan ragu untuk meminta bantuan dari keluarga untuk membantu mengurus bayi sehingga Moms dapat beristirahat dengan baik.

Itulah 5 tips cara memperbanyak ASI secara alami! Semoga membantu, Moms! Jika Moms masih mengalami kesulitan dalam memperbanyak ASI, kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri