• May 28, 2024

Moms Wajib Tahu! Manfaat ASI Selain Diminum Bayi!

 Moms Wajib Tahu! Manfaat ASI Selain Diminum Bayi!

Moms Wajib Tahu! Manfaat ASI Selain Diminum Bayi!

Moms pernah merasa bingung dengan memanfaatkan ASI saat memiliki ASI perah yang jauh lebih banyak dibandingkan yang dibutuhkan bayi? Jangan khawatir! ASI memiliki berbagai manfaat lain loh!

Yuk, parents! Kenali 5 manfaat ASI selain diminum ‘si Kecil’!

Mandi Susu Untuk Bayi

ASI memiliki berbagai kandungan yang dapat membantu memberikan kelembaban ekstra pada kulit bayi, sehingga membantu mencegah kekeringan dan membuat kulit ‘si Kecil’ menjadi lebih halus, lembut, dan cerah. Karena itu, jika Moms memiliki persediaan ASI yang cukup banyak, kami sarankan untuk coba memandikan bayi dengan ASI!

Mengatasi Cradle Cap

Salah satu manfaat ASI selain diminum bayi adalah untuk mengatasi cradle cap atau kerak pada kepala bayi. Kondisi ini ditandai dengan kulit kepala yang bersisik dan mengelupas. Parents dapat menggunakan ASI dan mengoleskan sedikit ASI pada kulit kepala ‘si Kecil’, lalu pijat kepalanya secara perlahan untuk membantu kerak lepas dengan sendirinya.

Mengatasi Jerawat Pada Bayi

ASI juga dapat membantu mengatasi jerawat pada bayi. Hal ini karena ASI mengandung antibakteri dan antiinflamasi alami yang dapat membantu mengurangi kemerahan pada kulit ‘si Kecil’ dan mempercepat penyembuhan jerawat. Caranya, cukup basahi kapas dengan ASI dan usap wajah bayi secara pelan dan perlahan setiap hari.

Manfaat ASI

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini 4 Manfaat Baby Led Weaning!

Menyembuhkan Luka Bayi

Seperti diungkap sebelumnya, ASI mengandung antibodi dan anti bakteri yang dapat membantu mempercepat penyembuhan luka pada bayi. Karena itu, jika bayi mengalami luka ringan seperti goresan, parents dapat mengoleskan sedikit ASI pada luka untuk membantu dalam proses penyembuhan.

Mengatasi Gatal Pada Kulit Bayi

Terakhir, ASI juga dapat mengatasi gatal pada kulit bayi yang disebabkan oleh berbagai alasan seperti kulit kering, ruam popok, ataupun karena gigitan nyamuk. Cukup mengoleskan sedikit ASI pada kulit bayi yang kulit untuk membantu mengurangi rasa gatal dan tidak nyaman.

Demikian, itulah 5 manfaat ASI selain diminum bayi! Semoga informasi tersebut bermanfaat, Moms & Dads!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri