• May 27, 2024

Moms Wajib Tahu! Porsi MPASI Sesuai Usia Bayi!

 Moms Wajib Tahu! Porsi MPASI Sesuai Usia Bayi!

Moms Wajib Tahu! Porsi MPASI Sesuai Usia Bayi!

Mulai usia 6 bulan, penting sekali untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anak dengan memberinya makanan pendamping ASI (MPASI). Namun, Mom & Dad mungkin sedikit bingung ketika mulai memberi ‘si Kecil’ makanan. Berapa banyak porsi yang harus diberikan, dan seberapa sering dia harus makan dalam sehari?

Jangan khawatir, parents! LittleBabyBelly telah rangkum informasi lengkap seputar porsi MPASI sesuai usia bayi yang perlu diketahui!

Panduan Porsi MPASI Sesuai Usia Bayi

6 – 9 bulan:

Pada anak usia 6 sampai 9 bulan, Mom & Dad dapat memberikan ‘si Kecil’ 3 sendok makan MPASI. Lalu secara perlahan, tambahkan porsinya hingga makan 125ml setiap kali. Kami sarankan parents untuk menggunakan setengah mangkuk berukuran 250ml sebagai panduan. Pada usia ini, Mom & Dad cukup memberikan anak MPASI sebanyak 2 – 3 kali sehari saja.

9 – 12 bulan:

Anak berusia 9 – 12 bulan memiliki kebutuhan energi yang lebih besar daripada sebelumnya. Mom & Dad cukup memberikannya 125ml MPASI setiap kali makan, namun pastikan untuk tingkatkan frekuensi anak makan jadi 3 – 4 kali sehari. Selain itu, anak berusia 9 – 12 bulan juga dapat mulai diberi cemilan sekitar 1 – 2 kali sehari.

porsi MPASI bayi

Baca Juga: 5 Tips Cara Menyapih Anak Agar Berhenti Menyusu!

12 – 23 bulan:

Mulai usia 12 bulan, Mom & Dad dapat menambahkan porsi MPASI secara perlahan dari 150ml menjadi satu mangkuk penuh 250ml. Berikan anak MPASI sekitar 3 – 4 sehari dan cemilan sekitar 1 – 2 kali sehari. Pada usia ini, anak juga dapat mulai memakan makanan yang sama seperti keluarga, namun kami sarankan untuk hindari makanan yang dapat membuatnya tersedak.

Strategi Dalam Memberikan MPASI

Tidak hanya porsi dan frekuensi MPASI yang butuh parents perhatikan. Menurut WHO, Mom & Dad juga butuh perhatikan tipe makanan yang diberikan pada anak untuk pastikan bahwa ia memenuhi kebutuhan nutrisinya. Anak butuh makan karbohidrat, protein, lemak dan serat secukupnya agar dapat bertumbuh dengan baik.

Demikian, itulah panduan porsi MPASI sesuai usia bayi! Walaupun penting untuk anak makan secukupnya, kami sarankan Mom & Dad untuk hindari memaksa anak untuk menghabiskan makanannya, ya!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri