• May 28, 2024

Moms Waspada! Ini 5 Tanda Bayi Belum Siap MPASI!

 Moms Waspada! Ini 5 Tanda Bayi Belum Siap MPASI!

Moms Waspada! Ini 5 Tanda Bayi Belum Siap MPASI!

Banyak orangtua pasti tahu kalau bayi disarankan untuk diperkenalkan pada makanan pendamping ASI (MPASI) pada usia 6 bulan. Namun, tidak hanya usia yang perlu parents perhatikan. Ada beberapa tanda-tanda lain yang perlu parents waspadai untuk ketahui jika ‘si Kecil’ sudah siap atau belum siap untuk menerima MPASI.

Yuk, simak 4 tanda bayi belum siap MPASI yang perlu diketahui!

Bayi Belum Dapat Duduk Tanpa Dukungan

Salah satu tanda bahwa bayi sudah siap MPASI adalah jika ia sudah dapat duduk tegak tanpa dukungan. Jika anak masih belum memiliki kemampuan ini, maka itu menjadi tanda bahwa ia belum siap menerima MPASI. Hal ini karena bayi yang tidak mampu duduk secara sendiri berisiko tinggi tersedak saat menelan makanan padat. Karena itu, kami sarankan parents untuk hindari memberi bayi MPASI jika ia belum dapat duduk secara sendiri.

Bayi Tidak Memiliki Kontrol Kepala

Sama seperti sebelumnya, salah satu tanda bayi belum siap MPASI adalah jika ia masih tidak dapat mempertahankan kontrol kepala dan lehernya dengan baik. Duduk tegak dan memiliki kontrol kepala yang baik sangat membantu dalam proses menelan makanan. Karena itu, penting sekali untuk ‘si Kecil’ dapat kontrol kepala dan lehernya dengan baik untuk menurunkan risiko tersedak saat makan.

Tanda Bayi Belum Siap MPASI

Baca Juga: Apakah Bayi Siap Diberi MPASI Di Bawah Usia 6 Bulan?

Bayi Masih Memiliki Refleks Tongue-Thrust

Untuk beberapa bulan pertama kehidupan bayi, mereka memiliki refleks mendorong lidah. Refleks ini membantu secara naluriah mengeluarkan apa saja dari mulut mereka dan membantu anak menghindari risiko tersedak. Namun, sekitar usia 6 bulan, refleks ini akan menghilang secara sendiri. Jika bayi masih memiliki refleks ini, kami sarankan parents untuk hindari memaksanya untuk makan MPASI karena akan membuatnya sulit untuk ‘si Kecil’ menelan.

Bayi Tidak Menunjukkan Minat Terhadap Makanan

Perhatikan reaksi anak terhadap makanan ketika Moms & Dads sedang makan. Jika anak tidak menunjukkan minat atau ketertarikan terhadap makanan, maka ini bisa jadi tanda bahwa ia belum siap menerima MPASI. Pada umumnya, bayi yang siap MPASI akan mengamati makanan, mencoba mengambil makanan, mengikuti makanan dengan mata mereka, atau membuka mulut mereka ketika disodori dengan sendok.

Demikian, itulah informasi seputar 4 tanda bayi belum siap MPASI! Semoga membantu, Moms  & Dads!

Jangan lupa kunjungi website LittleBabyBelly atau follow Instagram kita untuk informasi lain yang dapat membantu parents dan bayi!

Michelle Putri